Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanManado

Besok, Pemkot Manado Gelar Upacara Adat Tulude

×

Besok, Pemkot Manado Gelar Upacara Adat Tulude

Sebarkan artikel ini

manadomanadoterkini.com, MANADO – Ikatan Kekeluargaan Indonesia Sangihe, Sitaro dan Talaud (IKISST) menjadi penitia penyelenggara upacara adat Tulude tahun 2019 yang akan digelar secara akbar oleh Pemerintah Kota Manado, Kamis (14/2/2019) besok di lapangan Sparta Tikala.

Ketua IKISST Urbanus Naharia mengatakan, rundown acaranya seperti pengisian acara, pagelaran yang akan tampil serta tamu undangan dan VIP sudah siap. “Semua kabupaten/kota kami undang,” ujarnya.

Upacara adat Tulude tahun 2019 ini akan dilaksanakan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang digelar tepat di akhir bulan Januari atau awal bulan Februari.

Walikota Manado DR GS Vicky Lumentut (GSVL) mengatakan, pelaksanaan upacara adat Tulude ini sebagai komitmen dirinya dan Wakil Walikota Mor D Bastiaan SE untuk melestarikan seni dan budaya di Kota Manado. Apalagi adat Nusa Utara ini telah ikut memperkaya budaya di Kota Manado yang sangat plural dan toleran.

“Mari kita jaga budaya kita. Saya dan pak Wakil Walikota telah menyatakan tekad untuk melestarikan budaya yang banyak di Kota Manado, termasuk budaya dari Nusa Utara yang telah ikut memperkaya budaya Kota Manado,” ujarnya.

Terkait kalender pariwisata pesta adat Tulude, Walikota GSVL menyerahkan kepada IKISST yang menentukan tanggal yang tepat untuk ditetapkan sebagai iven pariwisata tahunan Kota Manado.

Dan menarik dari upacara adat Tulude tahun 2019 ini, prosesi kue adat Tamo akan diarak dari gereja GMIM Sentrum sampai di lokasi pusat kegiatan di lapangan Sparta Tikala.

“Kami mengajak semua warga Manado asal Nusa Utara untuk bersama-sama dalam upacara adat Tulude ini,” ajak Walikota GSVL.(ald)