Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Minahasa Selatan

Penyaluran PKH Diduga Tidak Tepat Sasaran, Warga Sorot Kinerja Dinsos Minsel

×

Penyaluran PKH Diduga Tidak Tepat Sasaran, Warga Sorot Kinerja Dinsos Minsel

Sebarkan artikel ini

manadoterkini.com, AMURANG-Kinerja Dinas Sosial Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) disorot warga. Pasalnya, untuk penyaluran bantuan bagi warga miskin banyak keluhan. Diduga bantuan yang diperuntukkan bagi warga miskin tapi ternyata tidak tepat sasaran.

Seperti yang dikeluhkan Feiny Kalalo, warga di Kecamatan Tenga. Dia menyesalkan bantuan seperti PKH dan bantuan KKS tidak tepat sasaran. “Sampai sekarang kami yang memang hanya petani yang dalam kategori miskin tidak mendapatkan bantuan. Mereka yang secara fisik terlihat mampu malah dapat bantuan,” ujarnya kepada sejumlah wartawan.
Lebih parah lagi, Dia mengatakan kalau ada pihak perangkat desa yang ternyata turut mendapatkan bantuan sosial tersebut.
“Apalagi ada oknum perangkat desa yang mendapatkan bantuan itu. Kami menduga ada kongkalikong dari pihak dinas terkait. Entah bagaimana dan kepada siapa kami mengeluhkan ini, kami harap pemerintah segara menindaklanjuti,” pintanya.
Sementara itu Kepala Dinas Sosial Minsel Sofie Sumampow saat dikonfirmasi membantah adanya kongkalikong dari pihaknya terkait pemberian bantuan sosial.
“Biar saya luruskan, semua data nama keluarga miskin penerima bantuan itu langsung dari Kementerian Sosial. Data itu bukan dari kami, tapi mereka ambil data di Badan Pusat Statistik (BPS). Jadi bukan dari kami langsung,” bantahnya
Sumampow menambahkan, keluhan perihal bantuan sosial atau bantuan masyarakat miskin yang tidak tepat sasaran sudah sering diterimanya. “Jadi kami meski keterbatasan dana mau melakukan pendataan ulang tahun ini. Nanti kita rapatkan dengan setiap kecamatan untuk lakukan verifikasi dan validasi data warga miskin. Baru kami akan langsung ke pusdatim di Kemensos untuk ubah data itu,” ujarnya.
Mantan Kabag Kesra ini juga menjelaskan setelah terupdate, nama-nama keluarga miskin akan dipampangkan di setiap kantor desa. “Juga di rumah masing-masing penerima bantuan itu akan kami pasangkan stiker bertuliskan keluarga miskin. Itu sebagai upaya kami supaya keluarga yang merasa mereka sudah cukup secara finansial namun masih menerima bantuan sosial mendapatkan efek jerah. Dan mereka bisa melaporkan untuk mengganti ke keluarga yang memang benar-benar lebih membutuhkan,” tandasnya.(dav)