Kepala BNPB Terkesima Perumahan Relokasi Bencana Alam Pandu

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Doni Monardo, mengunjungi Kota Manado, Rabu (19/06/2019). Kunjungan kerja Doni dan rombongan diterima Walikota Manado DR GS Vicky Lumentut (GSVL), dan melakukan tatap muka bersama masyarakat perumahan relokasi korban bencana 2014, di Kelurahan Pandu, Kecamatan Bunaken.

Relokasi Pandu

Walikota Manado GS Vicky Lumentut saat menyambut Kepala BNPB Doni Monardo dalam kunjungan ke Manado.

Dalam kunjungan itu, Doni terkesima melihat langsung lokasi perumahan relokasi korban bencana alam 2014 di Kelurahan Pandu. Tak hanya melihat kondisi perumahan, tapi juga berdialog dengan warga. Doni kemudian menekankan bahwa apa yang menjadi usulan Walikota GSVL dan warga, akan ditindaklanjuti.

Relokasi Pandu

Kepala BNPB Doni Monardo saat membawakan sambutan sekaligus berdialog dengan warga

“Usulan pembangunan fasilitas publik untuk kebutuhan masyarakat korban bencana alam di Pandu ini, Walikota dapat langsung di antar ke Jakarta di Kantor BNPB, guna ditindaklanjuti agar kebutuhan sarana prasarana umum dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ujarnya.

Relokasi Pandu

Dalam kunjungan kerja Kepala BNPB turut dihadiri Sekda Provinsi Sulut mewakili Gubernur Sulut

Di satu sisi, Doni berharap masyarakat tetap bersabar dan juga tetap menjaga kelestarian alam sekitar tempat tinggal. “Ketika kita bersahabat dengan alam, maka alam juga akan bersahabat dengan kita,” tukasnya.(*)

 

 

Didampingi Walikota Manado, Kepala BNPB berdialog dengan warga perumahan relokasi Pandu

Relokasi Pandu

Laporan Walikota GS Vicky Lumentut terkait relokasi warga bencana alam di Pandu

Kepada Kepala BNPB, Walikota GSVL menyampaikan bahwa di kawasan relokasi korban bencana alam 2014 ini, sudah dibangun sarana publik yang menjadi kebutuhan warga di tempat ini, seperti pembangunan Puskesmas Pembantu, sekolah, tempat ibadah baik gereja dan mesjid, serta sarana publik lainnya, guna memenuhi kebutuhan dan pelayanan bagi masyarakat korban bencana alam 2014 ini.

Relokasi Pandu

Walikota Manado GS Vicky Lumentut saat membawakan sambutan sekaligus berdialog dengan warga.

“Untuk sekolah tahun ajaran baru ini, akan dimanfaatkan dengan menerima siswa baru, fasilitas Puskemas Pembantu juga segera difungsikan, termasuk tambahan penyediaan fasilitas umum, seperti lapangan olahraga, kantor babinsa dan babinkantibmas, juga fasilitas penerangan yang bekerja sama dengan Dinas Perkim untuk segera difungsikan juga,” ujar Walikota GSVL.

Relokasi Pandu

Walikota GS Vicky Lumentut memberikan penjelasan kepada media lokal maupun nasional di lokasi relokasi bencana alam di Pandu

Walikota juga meneruskan keluhan warga, yang berharap agar ada percepatan pemenuhan air bersih dan sambungan listrik. “Apa yang masih menjadi kendala, akan kami selesaikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang ada di tempat ini” ujar Walikota GSVL.

 

 

Walikota GSVL langsung tindak-lanjuti usulan warga ke Kantor BNPB di Jakarta

BNPB

Walikota GS Vicky Lumentut langsung menindaklanjuti ajakan Kepala BNPB terkait relokasi warga bencana alam di Pandu dengan mendatangi langsung kantor BNPB di Jakarta

Ajakan Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo kepada Walikota GSVL agar segera ke Kantor BNPB di Jakarta untuk menindaklanjuti usulan yang disampaikan langsung dikejar Walikota GSVL.

Saat kunjungan Doni ke lokasi perumahan relokasi korban bencana alam 2014 di Kelurahan Pandu, Rabu (19/06/2019), ada beberapa hal yang menjadi usulan Walikota GSVL dan warga setempat, agar menjadi perhatian pemerintah pusat khususnya BNPB. Antara lain pembangunan fasilitas publik yang nantinya dugunakan oleh warga setempat.

BNPB

Walikota GS Vicky Lumentut ketika berada di Kantor BNPB Jakarta

Kepala BNPB pun mengajak Walikota GSVL agar usulan tersebut dapat langsung diantar di Kantor BNPB, Jakarta, guna ditindaklanjuti agar kebutuhan sarana prasarana umum dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Tak menunggu lama, Kamis (20/06/2019) pagi, Walikota GSVL langsung terbang ke Jakarta, dan langsung menuju Kantor BPNB di Jalan Pramuka 38 Matraman, Jakarta Timur. Hal lain yang dibahas adalan tentang kontijensi plan atau rencana kontijensi antisipasi bencana alam di Manado.

BNPB

Walikota Manado GS Vicky Lumentut usai berdialog dengan petinggi BNPB di Jakarta.

“Puji Tuhan hari ini diskusi dengan Kepala BNPB Letjen Doni Monardo tim di Kantor BNPB, Jakarta, tentang kontijensi plan antisipasi bencana alam di Manado. Ini tindak lanjut dari kunjungan Kepala BNPB di Manado Rabu kemarin,” ujar Walikota GSVL.

Kontijensi plan atau rencana kontinjensi adalah suatu proses identifikasi dan penyusunan rencana yang didasarkan pada keadaan kontinjensi atau yang belum tentu tersebut. Jika keadaan yang diperkirakan tersebut tidak terjadi, maka rencana kontinjensi tidak akan pernah diaktifkan.(LiputanKhusus)

GS Vicky Lumentut Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo Walikota Manado

Posting Terkait

Tinggalkan pesan