Pemkab Minsel Belajar Pengelolaan BUMD dan BUMDes di Kabupaten Serang

manadomanadoterkini.com, AMURANG – Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu SE, ternyata kepicut dengan kesuksesan Kabupaten Serang membangun dan mengelola BUMD dan BUMDes.

Tidak heran , Tetty sapaan akrab Bupati Minsel dua periode itu, Senin (8/7/2019) membawa bawahannya untuk belajar dari Kabupaten yang dipimpin Hja Ratu Tatu Chasanah.

“Kami ingin belajar dari Kabupaten Serang yang dipimpin oleh Bu Tatu yang banyak penghargaan. Kami cek di Google, salah satu penghargaan Pemkab Serang yakni di bidang BUMD yang baik dan sukses,” ujar Bupati melalui Kabag Humas Pemkab Minsel Altin Sualang SSTP MPA.

Selain presentasi terkait program pembangunan masing-masing, Bupati Tetty, meminta tips sukses membangun BUMD. Pasalnya, Minsel juga memiliki BUMD dan sedang giatnya menerapkan BUMDes di tiap Desa.

“Kami ingin belajar bagaimana kesuksesan mengelola BUMD dan BUMDes,” ucapnya.

Selain itu, pihaknya pun ingin berbagi terkait apa yang sudah dilakukan di Minsel. Menurutnya, Minsel adalah wilayah paling ujung di Provinsi Sulawesi Utara. Dimana daerah ini dikenal sebagai penghasil Kopra dan Holtikultura terbaik.

“Sektor kelautan dan kemaritiman, kami ada pelabuhan dan perikanan,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Serang Hja Ratu Tatu Chasanah mengatakan, untuk BUMD di wilayahnya ada tiga. Yakni Bank Perkreditan Rakyat (BPR), Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Al Bantani dan PT Serang Berkah Mandiri (SBM).

“Nanti di paparkan sama direktur BPR, karena BPR yang dapat penghargaan di bidang BUMD,” ujar Tatu.

Bupati Tetty sendiri didampingi Kabag Humas dan Protokol (HumPro) Minsel Altin Sualang SSTP MPA, Kabag Hukum Vicky Poli SH, Kabaga Ekonomi Dafe Ondang SE, Kabag Pemerintahan Tusrianto Rumengan SSTP MSi, dan Dirut BUMD Joutje Tuerah MSi.(dav)

BUMD Bumdes Pemkab minsel Tetty Paruntu

Posting Terkait

Tinggalkan pesan