Siagian Pimpin Rapat Bersih-Bersih Sungai Tondano

bitungmanadoterkini.com, TONDANO – Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Minahasa Dr Wilford Siagian MA memimpin rapat kegiatan bersih-bersih Sungai Tondano Tondano pada Selasa (16/7) tadi si Ruang Sidang Kantor Bupati Minahasa. Pada kesempatan tersebut Siagian didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Ir Wenny Talumewo dan Kepala Bidang Persampahan Marthen Weku.

Siagian mengatakan bahwa perhatian pemerintah terhadap Danau Tondano sangat besar. Dan Danau Tondano sudah menjadi misi pemerintah daerah untuk dikembangkan. “Kamis nanti akan ada rapat yang melibatkan sembilan instansi provinsi dan instansi pusat sebagai hasil tindak lanjut pertemuan dengan Presiden RI dan beberapa menteri secara terpadu dan memikirkan apa yang akan dilakukan untuk Danau Tondano,” ujar Siagian.

Masalah enceng gondok adalah salah satu masalah yang akan dibahas bersama dalam rapat. Karna sudah viral bahwa Sungai Tondano sudah tertutup enceng gondok dan nelayan tidak bisa lewat. “Karna itu Bupati menginstruksikan kami (As II) bersama Dinas Lingkungan Hidup untuk mencari solusi jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang demi kelestarian Danau Tondano dan ekosistem di dalam dan sekitarnya,” jelasnya.

Jangka pendek untuk cepat membersihkan melalui kerja bakti di beberapa titik yang harus dibersihkan. Jangka menengah yakni mana yang sudah terkumpul, dan jangka panjang yakni dipelihara supaya tetap bersih.

“Camat, Hukum Tua, Lurah yang berdomisili di seputar danau harus menunjang upaya-upaya yang dilakukan pemerintah daerah untuk kelestarian Danau Tondano. Pemerintah dan masyarakat harus bersama menjaga, melestarikan dan membersihkan Sungai dan Danau Tondano,” tegas Siagian. (fis)

Posting Terkait

Tinggalkan pesan