Jelang Iven Akbar Manado Fiesta 2019, GSVL Pastikan Hunian Cukup

manado

Walikota GS VIcky Lumentut dalam comprensi pers di Rumah Kopi GODAS, Shopping Center

manadoterkini.com, MANADO – Iven akbar Manado Fiesta 2019 Sabtu (27/07/2019) akhir pekan ini, dipastikan menarik perhatian tidak hanya turis mancanegara, tapi turis lokal. Tak ayal, kehadiran sejumlah tamu undangan serta turis mancanegara maupun turis lokal akan berdampak pada tingkat hunian hotel di Kota Manado.

Walikota GS Vicky Lumentut, tak menapik akan jumlah kunjungan para tamu maupun wisman di Kota Manado jelang iven akbar Manado Fiesta.

Bahkan sejumlah Walikota/Bupati serta Gubernur dipastikan akan menghadiri open ceremony iven pariwisata berkelas internasional tersebut.

Begitu juga sejumlah Duta Besar (Dubes) yang sudah mengkonfirmasi untuk hadir dalam iven Manado Fiesta akan berlangsung selama 8 hari.

“Hunian sebagaimana yang kita tahu, saat ini untuk hotel ada kurang lebih 5000 kamar yang ada di kota kita. Itu belum termasuk apartemen hingga homestay. Belum lagi hotel-hotel yang ada di daerah sekitar Kota Manado,” ujar Walikota GSVL pada comferensi pers yang digelar di Rumah Kopi GODAS, Shopping Center, Senin (22/7/2019) sore tadi.

Khusus untuk tamu-tamu sesama koleganya Walikota, GSVL sudah menitip pesan di berbagai kesempatan, termasuk saat pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) di Kota Semarang, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu, agar langsung memesan hotel jauh hari sebelum bertolak ke Manado.

“Saya ingatkan mereka (para Walikota se-Indonesia, red), ada dua hal yang perlu segera dipesan terlebih dahulu, yakni tiket pesawat dan penginapan. Dan informasi yang saya terima, mereka sudah ada yang booking penginapan,” ujar Walikota GSVL.

Kedepan, lanjut Ketua Dewan Pengawas APEKSI ini, hunian atau penginapan berupa hotel di Kota Manado perlu ditambah, untuk mengantisipasi pelaksanaan iven-iven seperti ini di tahun-tahun kedepannya.

Ini juga rupanya yang menjadi pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat berkunjung ke Kota Manado belum lama ini.

“Tahun-tahun mendatang iven ini diyakini booming. Akan lebih banyak lagi turis yang akan datang ke Manado, baik turis lokal maupun mancanegara. Karena itu keran investasi perhotelan dibuka sebesar-besarnya masuk Kota Manado,” ujar Walikota GSVL.

Di tempat yang sama, Ketua Umum Panitia Penyelenggara Manado Fiesta 2019, Coretta Kapoyos, juga meyakni hunian atau penginapan untuk tamu luar daerah yang akan hadir di Manado Fiesta 2019, khususnya di hari permbukaan, akan tersedia.

“Kota Manado kini telah menjadi kota tujuan. Banyak tamu tiap tahunnya. Saya memang mengusulkan, selain hotel, perlu dibuka homestay yang lebih banyak lagi di Kota Manado. Kemudian kamar-kamar apartemen, juga sudah disewakan per minggu bahkan per hari,” ujar Kapoyos.

Hadir dalam konferensi pers sore tadi, antara lain Sekda Kota Manado Micler CS Lakat SH MH, para Kepala Perangkat Daerah Kota Manado, para Camat, Direksi PD Pasar, serta para jurnalis yang kesehariannya melakukan peliputan di Pemerintah Kota Manado.(*/aldi)

GSVL Hotel Hunian manado fiesta Vicky lumentut

Posting Terkait

Tinggalkan pesan