Semarak HUT 396 Manado, Pesta Rakyat di Pulau Bunaken

“Torang Manado, Torang Rukun” itulah tema HUT Ke-396 Kota Manado. Ada tiga rangkaian kegiatan yakni upacara bendera, sidang paripurna DPRD, dan pesta rakyat, dilaksanakan Senin (15/7/2019) kemarin. Padahal HUT Kota Manado jatu pada hari Minggu 14 Juli 2019, tidak mengurangi makna dan semaraknya kegiatan.

HUT Kota Manado

Sambutan Walikota DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSI DEA dalam upacara HUT 396 Kota Manado di Lapangan Sparta Tikala

Di pagi hari, upacara bendera di Lapangan Sparta Tikala, bertidak sebagai inspektur yakni Walikota Manado DR GS Vicky Lumentut (GSVL). Walikota memberikan apresiasi kepada seluruh masyarakat, jajaran pejabat di lingkup Pemerintah Kota, ASN, para Kepala Lingkungan dan THL, yang telah bekerja sama dengan baik sehingga penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik dapat berjalan dengan baik di Kota Manado.

Juga mitra kerja DPRD, Forkopimda Kota Manado, serta instansi pemerintah dan pihak swasta, BUMN dan BUMD, dapat terjalin kerjasama yang baik, guna kepentingan pembangunan dan pelayanan untuk masyarakat Kota Manado.

HUT Kota Manado

Nampak forum komunikasi pimpinan daerah, Ketua TP-PKK Prof DR Paula Runtuwene MS DEA

“Puji Tuhan, kita bersyukur kembali kita dapat merayakan HUT Kota Manado ke 396 Tahun, banyak prestasi dan kemajuan yang kita dapatkan, ini buah dari kerjasama kita yang terjalin baik dan harmonis selama ini,” ucap Walikota GSVL.

Pada upacara tersebut juga, Walikota mengajak untuk mensukseskan event Manado Fiesta 2019, tanggal 27 Juli – 4 Agustus 2019. Manado Fiesta adalah kesempatan bagi kita untuk mengeksplor, menunjukan, serta mengglobalkan kekayaan lokal yang kita miliki.

HUT Kota Manado

Suasana upacara bendera dalam rangka HUT 396 Kota Manado

“Mari gunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya dengan turut memeriahkan serta menjadi tuan rumah yang ramah, yang menjaga kebersihan, keamanan dan kenyaman kota. Selamat HUT ke 396 Tahun Kota Manado, kiranya Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan kita hikmat dan kekuatan dalam membangun dan memajukan Kota Manado. Dirgahayu Kota Manado. Torang Manado, Torang Rukun,” ujarnya.

Hadir dalam upacara tersebut, Ketua TP-PKK Kota Manado yang juga Rektor UNIMA Prof Ir Julyeta PA Lumentut-Runtuwene MS DEA, Wakil Ketua DPRD Sulut Wenny Lumentut, Danlanudsri Kolonel Penerbang Johnny Sumaryana SE, mewakili Pangdam XIII Merdeka Kolonel Inf Jimmy Marundu SIP, mewakili Danrem 131 Santiago Kasie Pers Korem Kolonel Inf Arief Bastari SIP, Dandempom Letkol CPM Eko S, mewakili Kajati Sulut Ahmad Syarir Harahap SH MH, Ketua DPRD Kota Manado Noortje Van Bone, para Wakil Ketua dan Anggota DPRD Kota Manado, Sekda Kota Manado MIcler CS Lakat SH MH serta jajaran pejabat dan ASN Pemkot Manado serta undangan dan tamu.

 

Keberhasilan Manado Dipaparkan Walikota GS Vicky Lumentut di Sidang Paripurna Istimewa DPRD

Usai upacara bendera, dilanjutkan dengan Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kota Manado di Aula Serbaguna Kantor Walikota, yang dipimpin langsung Ketua DPRD Nortje Van Bone, didampingi para Wakil Ketua DPRD, dan dihadiri sejumlah Anggota DPRD Kota Manado. Hadir pula Gubernur Sulut yang diwakili Asisten Setda Provinsi Sulut Drs Edyson Humiang MSi.

HUT Kota Manado

Walikota DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSI DEA memaparkan keberhasilan Kota Manado dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRD

Walikota GSVL dalam sambutannya mengatakan, dalam perjalanan kegiatan pemerintahan dan pelayanan publik di Kota Manado, tentunya ada prestasi dan kemajuan yang telah kita raih bersama. Tentunya juga masih ada permasalahan dan tantangan yang kita temui ditengah masyarakat. Dan ini menjadi perhatian kita sekalian.

Sepanjang tahun 2018 sampai sekarang. Kita telah meraih sekitar 31 penghargaan. Diluar dari beberapa penghargaan yang telah disampaikan, ada beberapa yang paling penting diantaranya. 9 Desember 2018, Kota Toleran di Indonesia Tahun 2018, Tanggal 9 Januari, Peringkat 1 Indeks Kota Cerdas Indonesia (IKCI) Tahun 2018. Tanggal 1 April 2019, Menerima sertifikat dari Contact Center Word (CCW) perwakilan Kanada di Indonesia, untuk Publik Service.

25 April Tahun 2019 menerima penghargaan Indonesia Innovation Award 2019 untuk Aplikasi Portal Analisis Data Berbasis Peta (PANADA). Aplikasi PANADA juga masuk dalam TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik 2019. Lanjut Walikota dalam sambutannya, dari berbagai pencapaian tersebut, Pemkot Manado tetap berupaya memberikan pelayanan yang terbaik demi kesejahteraan masyarakat.

HUT Kota Manado

Pemasangan lilin kue ulang tahun oleh Walikota Manado DR IR GS Vicky Lumentut SH MSI DEA dalam rapat paripurna istimewa

Komitmen ini tercermin dari rencana-rencana pembangunan kedepan untuk lebih meningkatkan ekonomi kerakyatan, kami berencana membangun Pasar, yakni Pasar Buha dan Pasar Malalayang.

Di bidang pendidikan, kami merencanakan pembangunan taman baca atau perpustakaan disemua kelurahan, menuju hadirnya kelurahan cerdas di Kota Manado. Di bidang kesehatan, tengah membangun Rumah Sakit Umum Daerah, Rumah Sakit Gigi dan Mulut, juga Rumah Sakit Ibu dan Anak.

Di bidang kesehatan, dalam rangka mendukung program nasional untuk memerangi penyakit kanker leher rahim (serviks), Pemkot Manado melalui TP PKK Kota Manado melakukan kegiatan deteksi dini kanker serviks melalui tes inpeksi visual asam asetat (TES IVA). Sebelumnya Kota Manado menjadi juara satu lomba Tes IVA tingkat Provinsi Sulut, dan karenanya mewakili Sulut dalam lomba Tes IVA tingkat Nasional. Dan masuk 6 besar secara nasional, dimana Tim Penilai belum lama ini, telah mengunjungi Kota Manado.

“Keunggulan Kota Manado ialah Inovasi Aplikasi Portal Panada Tante IVA aplikasi tersebut memetakan (Mapping) wanita usia subur diwilayah tertentu yang sudah atau belum melakukan Tes IVA, dan juga didukung oleh gerakan Susiantariksa (Suami Siaga Antar Istri Periksa IVA),“ kata Walikota GSVL.

 

Pesta Rakyat HUT Kota Manado Pertama Digelar di Bunaken

Perayaan pesta rakyat dalam rangka HUT Ke 396 Kota Manado, untuk pertama kali digelar di Pulau Bunaken. Dalam kemeriahan pesta rakyat yang dihadiri langsung Walikota GSVL dan isteri, Sekda Micler Lakat dan isteri, serta jajaran pejabat berbaur dengan warga kepulauan, Senin (15/7/2019) tadi malam.

HUT Kota Manado

Penyalaan lilin kue ulang tahun pada pesta rakyat di Pulau Bunaken

Rangkaian pesta rakyat diawali dengan Ibadah oikumene yang dipimpin Pdt DR Handry Runtuwene MTh. Walikota GSVL bersama isteri bahkan didoakan oleh para Hamba Tuhan Pendeta dan Gembala yang hadir bersama dalam kebaktian syukur tersebut.

Pesta rakyat pun berjalan dengan penuh kegembiraan dalam suasana kekeluargaan, tema “Torang Manado, Torang Rukun” hidup di tengah masyarakat, ketika saudara-saudara kita umat muslim kepulauan Bunaken, memberikan pujian dalam rangkaian ibadah oikumene syukur HUT Kota Manado.

HUT Kota Manado

Walikota GS Vicky Lumentut bersama Ketua TP-PKK membaur bersama warga dalam pesta rakyat di Pulau Bunaken

Suasana tambah meriah ketika MC dalam acara tersebut mendaulat Walikota untuk bernyanyi. Orang nomor satu di Kota Manado ini pun langsung mengangkat pujian Bernyanyilah Bagi Tuhan Hua dalam ragam Masamper. Yang diikuti dengan berpato-pato oleh Ketua TP-PKK Kota Manado, bersama jajaran Pejabat, ASN, THL, Para Hamba Tuhan, Tamu/Undangan, serta masyarakat yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Walikota mengajak untuk terus bersyukur atas berkat dan penyertaan Tuhan bagi kita semua, Pemkot Manado dan Masyarakat, disaat ini boleh menggelar Syukur HUT ke 396 Tahun, bersama masyarakat Kecamatan Kepulauan Bunaken dengan menggelar pesta rakyat.

HUT Kota Manado

Pesta Rakyat HUT 396 Kota Manado di Pulau Bunaken

“Terimakasih Pak Camat dan jajarannya lebih khusus lagi rakyatku, warga kepulauan Bunaken, yang sudah memfasilitasi dan bekerja sama sehingga pesta rakyat dalam mensyukuri HUT Kota Manado dapat berjalan dengan baik dan sukses di malam hari ini. Mari doakan Kota Manado dari kepulauan Bunaken ini. Dari Bunaken memberkati 10 Kecamatan yang ada di daratan besar Manado. Godbless Kota Manado,” ujar Walikota GSVL sembari mengajak untuk mensukseskan Manado Fiesta 2019 yang dilaksanakan 27 Juli hingga 4 Agustus.(Lipsus/aldi)

GS Vicky Lumentut HUT 396 Manado Pesta Rakyat Pulau Bunaken Walikota Manado

Posting Terkait

Tinggalkan pesan