Rekrutmen CPNS 2019, Minsel dapat kuota 97 formasi/

manadoterkini.com, AMURANG-Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) mendapat jatah sebanyak 97 kuota pada penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019.

Kepala Badan Kepegawaian Dan Diklat Daerah (BKDD) Minsel Drs Roy F Tiwa mengatakan, Jumlah tersebut ditentukan langsung oleh pemerintah pusat dengan menggunakan sistem zero growth.
Atau dengan kata lain, formasi yang diberikan jumlahnya seusai dengan data jumlah ASN yang pensiun di tahun berjalan.

“Tapi jika melihat dari tahun 2019 ini, kuota itu kita minus growth atau kurang dari yang pensiun, di Minsel pada tahun 2019 yang pensiunannya itu ada ratusan lebih dari semua SKPD,” ujar dia kepada manadoterkini.com Jumat (1/11).

Meski demikian, Tiwa mengatakan, menyikapi kekurangan formasi ini pemerintah daerah tidak bisa berbuat banyak.

Hal itu dikarenakan penetapan jumlah formasi murni berdasarkan kewenangan pemerintah pusat dalam hal ini KemenPAN-RB.

Dirinya berpendapat, kurangnya kuota itu bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya, yakni pemerintah pusat pertimbangkan aspek keuangan, luas wilayah, dan lain sebagainya sehingga membuat kuota CPNS menjadi terbatas.

“Ini kejadiannya itu tidak hanya di Minsel saja, Kabupaten/Kota lain juga relatif sama,” ucap dia.
Sementara itu, Tiwa menyampaikan bahwa, dari 97 formasi itu yang menjadi prioritas adalah tenaga teknis, besarannya yakni sebanyak 88 orang

Selanjutnya, tenaga kesehatan hanya 9 orang.
“Tapi ini kecenderungan ya, kalau jumlah-jumlahnya belum diketahui, nanti kalau sudah ada kami rilis,” ujarnya.

Sementara itu, Dia menjelaskan, dalam penerimaan CPNS 2019 ini berbeda dengan penerimaan CPNS pada tahun-tahun sebelumnya.

Dimana dalam penerimaan CPNS tahun 2019, pegawai administrasi yang bersifat umum tidak lagi diangkat.

Hal tersebut disebabkan pemerintah tengah memfokuskan mengembangkan kualitas SDM dan layanan pemerintah baik di tingkat nasional maupun daerah pada era revolusi industri 4.0 sekarang ini.
Adapun tenaga teknis yang paling dibutuhkan dalam

CPNS 2019 adalah tenaga teknis administrasi keuangan dan bidang IT serta lainnya.

Selain itu, dari 97 formasi itu terdapat pula kuota yang dikhususkan.
Kuota khusus ini meliputi tiga hal, yakni kuota untuk disabilitas, kuota untuk cumload atau lulusan terbaik, dan kuota untuk putra dan putri asal Minsel.

“Pendaftaran akan dibukan secara nasional pada 11 November 2019, pendaftaran bisa diakses melalui laman https://sscasn.bkn.go.id,” tandasnya.(dav)

Posting Terkait

Tinggalkan pesan