Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Edukasi dan Religi

Dies Natalis ke-61 Fakultas Hukum, Kapolda Sulut Bawa Orasi

×

Dies Natalis ke-61 Fakultas Hukum, Kapolda Sulut Bawa Orasi

Sebarkan artikel ini

Sulutmanadoterkini.com,  SULUT – Rangkaian Dies Natalis ke-61 Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Senin (11/11/29) diramaikan dengan orasi dari Kapolda Sulut Irjen Pol Dr R Sigid Tri Hardjanto, SH, MSi di Auditorium Unsrat.

Menariknya, Hardjanto mengawali orasinya dengan menyanyikan lagu “Hidup ini Adalah Kesempatan”.

Menurut Hardjanto Fakultas Hukum adalah mitra yang sangat strategis bagi Polri.

Dengan judul orasi “Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila Guna Penguatan Penegakan Hukum Dalam Menuju Indonesia Maju, Hardjanto menjelaskan berbagai permasalahan bangsa seperti pengaruh regional, global dan nasional.

Hardjanto juga menjelaskan fungsi hukum, Kedudukan Pancasila dalam sistem hukum Indonesia serta Pancasila sebagai ideolagi negara.

“Perilaku Polri harus berubah dari pejabat ke pemimpin. Semakin dewasa dan semakin aktif menegakkan hukum di seluruh Indonesia,” tutup Kapolda.

Sebelumnya Dekan Fakultas Hukum Dr. Flora Pricilla Kalalo, SH, MH dalam laporannya mengatakan 61 tahun Fakultas Hukum telah melewati berbagai rintangan, hambatan serta keadaan yang tidak menyenangkan, namun karena rasa persatuan dan kesatuan visi dan misi, maka seluruh hambatan menjadi tidak terasa dan dapat terlewati dengan baik.

“Saya mengajak seluruh civitas akademika Fakultas Hukum UNSRAT untuk mampu menjadi pelaku edukatif yang selalu berinovasi mampu mengimbangi kemajuan zaman yang tidak terduga, terlebih saat ini kita berada pada era The Fourth Industrial Revolution atau Revolusi Industri 4.0 yang menuntut kita untuk menguasai Cyber-Physical Systems, Internet of Things (IoT), Industrial Internet of Things (IIoT) dan Internet of Services,” jelas Kalalo.

Dengan demikian perbaikan SDM mutlak dilaksanakan salah satunya meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengajaran ditingkat pendidikan tinggi, kata Kalalo.

Kalalo juga berharap kepada seluruh mahasiswa untuk jadi pelaku sejarah bukan saksi sejarah tanpa meninggalkan akhlak untuk masa depan yang gilang gemilang.

Hadir dalam Dies Natalis ke-61 Fakultas Hukum Unsrat, Rektor Unsrat yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr Ir Grevo Soleman Gerung, M.Sc. jajaran Polda Sulut, para Dosen dan ribuan mahasiswa Fakultas Hukum Unsrat. (*/Rizath)