Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanPemerintahan

Musrenbangnas, Jokowi Lanjutkan Pembangunan Infrastruktur di Manado

×

Musrenbangnas, Jokowi Lanjutkan Pembangunan Infrastruktur di Manado

Sebarkan artikel ini

Sulut hebatmanadoterkini.com,  SULUT – Presiden Joko Widodo menegaskan akan terus membangun infrastruktur di Manado untuk menunjang daerah pariwisata.

Penegasan itu disampaikan Jokowi pada acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 dimana Istana Negara, Jakarta, Senin (16/12/2019) yang dihadiri Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengingatkan kembali apa yang akan pemerintah kerjakan dalam lima tahun ke depan.

“Yang pertama bahwa kita akan terus melanjutkan pembangunan infrastruktur, karena kita ingin memperkokoh pondasi, dalam kita berkompetisi dengan negara-negara lain.”

“Sesakit apapun harus berani kita tahan agar yang namanya pembangunan infrastruktur betul-betul rampung dan selesai. Artinya kelanjutan pembangunan infrastruktur tetap kita laksanakan,” tegas Jokowi.

Elbih lanjut Jokowi mengungkapkan bahwa pemerintah ingin menyambungkan infrastruktur dengan kawasan industri hingga kawasan wisata yang ada di setiap daerah dan itu menjadi tugas pemerintah provinsi hingga pemerintah kabupaten/kota.

“Kalau tidak memiliki kemampuan di APBD, bisa konsultasi kepada Menteri PUPR. Berkonsultasi. Nanti saya takutnya diasosiasikan lain, semua berbondong-bondong konsultasi. APBD tidak mampu, ini yang bahaya,” katanya.

Ia mencontohkan penyambungan antara bandara yang telah dan sedang dibangun dengan kawasan wisata Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Contoh lain adalah Manado, Yogyakarta, Mandalika (NTB), dan Danau Toba (Sumatra Utara).

“Ini yang berkaitan dengan kawasan wisata. Kita konsentrasi lima ini dulu. Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan bajo dan Manado. Setelah ini selesai tugas menpar melakukan promosi besar-besaran,” ujar Jokowi.

Usai menyelesaikan pembangunan tersebut, Kementerian PUPR dan Kementerian Perhubungan akan membangun lima daerah berikutnya, yakni Bangka Belitung, Wakatobi, Bromo, Raja Ampat dan Morotai. (*/Rizath)