Diperkuat Psikolog Berlisensi, IAKN Manado Hadirkan Pusat Layanan Psikologi

Minahasamanadoterkini.com, MINAHASA – Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado terus berupaya demi meningkatkan kesejahteraan psikologi masyarakat. Mendukung target-target yang telah ditetapkan, IAKN Manado menghadirkan Pusat Layanan Psikologi (PLP).

Rektor IAKN Manado Pdt Dr Jeane M Tulung, S.Th M.Pd mengatakan bahwa Sebagai salah satu institusi yang menempatkan diri sebagai agen perubahan bagi masyarakat, IAKN Manado didedikasikan untuk memberi layanan profesional berbasis ilmu psikologi. “Hal itu demi meningkatkan kesejahteraan psikologis masyarakat. Jadi atas dasar itulah IAKN Manado menghadirkan Pusat Layanan Psikologi,” ujar Rektor.

“Selain itu, kehadiran PLP demi mewujudkan kehidupan psikologis bangsa melalui layanan psikologi berdasarkan kode etik dan nilai keagamaan. Pusat layanan ini didukung oleh psikolog berlisensi dan ilmuan psikologi profesional yang kompeten dibidangnya. Juga ditunjang dengan alat tes yang kredibel dan mampu memberikan layanan psikologi yang dapat dipercaya masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Managing Director PLP IAKN Manado Melissa Waturandang M.Psi mengungkapkan bahwa ada beberapa jenis layanan yang bisa diberikan. Seperti Psychological Assessment (PA).

Layanan ini hadir dengan meyakini bahwa setiap orang memiliki keunikan tersendiri dan potensi yang berbeda-beda. “PLP hadir dengan layanan PA dimana setiap individu bisa lebih memahami atas potensi yang dimiliki dan memaksimalkan potensi yang ada dalam dirinya,” kata Waturandang.

Lanjutnya, selain PA, ada juga layanan Counseling and Psychotherapy (CP). CP memberikan layanan konseling dan psikoterapi bagi setiap individu. Yang didukung oleh tim yang berkompeten dalam bidangnya sehingga mampu membantu setiap individu untuk mengenal dirinya untuk mencapai kehidupan yang adaptif dan efektif.

Juga ada Training and Development (TD). Dengan meyakini bahwa setiap organisasi terdiri dari berbagai macam pribadi dan karakter manusia yang berbeda-beda dan terkadang menjadi sumber konflik dalam setiap organisasi. Seringkali juga potensi pribadi tidak berkembang maksimal.

“Gunanya layanan TD untuk membantu pribadi supaya bisa berkembang dalam organisasi, sehingga tujuan sebuah organisasi bisa tercapai dengan maksimal sesuai dengan potensi sumber daya manusia yang dimiliki,” jelasnya.

Juga ada layanan Human Consultant (HC). Diuraikan Waturandang, HC memberikan bantuan akademis, keilmuan dan profesional kepada institusi dan organisasi dengan ilmu paikologi. “Selain ilmu psikologi, juga digabungkan dengan ilmu-ilmu lain yang relevan termasuk badan-badan dunia melalui proses konsultasi dan kajian untuk masalah yang melibatkan prilaku manusia di berbagai bidang untuk pengembangan masyarakat,” pungkasnya. (fis)

Posting Terkait

Tinggalkan pesan