Minggu, 31 Mei 2020

Danlantamal VIII Manado Turun Tangan Angkat Enceng Gondok

Manadomanadoterkini.com, MINAHASA – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) VIII Manado Laksamana Pertama Gig Jonias Mozes Sipasulta M.Mar Stud bersama jajaranya didampingi Bupati Minahasa Ir Royke Oktavian Roring MSi (ROR) memimpin pengangkatan enceng gondok di Danau Tondano pada Jumat (14/03/20) hari ini.

Pada kesempatan tersebut, ROR mengungkapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas kebersamaan dan kepedulian seluruh elemen Lantamal VIII Manado untuk membersihkan eceng gondok yang ada di Danau Tondano.

“Ini merupakan wujud dukungan dan topangan Lantamal VIII Manado terhadap salah satu program prioritas pemerintah Kabupaten Minahasa yaitu melestarikan Danau Tondano,” ujar Bupati.

Dihari kasih sayang ini Bupati mengajak saling mengasihi sesama, menyayangi alam ciptaan Tuhan, menyayangi lingkungan sekitar termasuk didalamnya Danau Tondano.

Selain itu juga Bupati melaporkan kepada Danlantamal VIII Manado bahwa pada tanggal 6 Januari 2020 yang lalu, Pemerintah dan Forkopimda Minahasa telah menggelar apel perdana awal tahun 2020 di lokasi pinggir Danau Tondano bersama seluruh ASN, TNI, Polri, dan pimpinan agama sekaligus mencanangkan pelestarian Danau Tondano dengan tema ‘Lume’os in Lour Toudano’.

“Pemerintah Kabupaten Minahasa juga sedang dalam persiapan tempat pelaksanaan Latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda) XL yang akan diikuti oleh 200-an peserta yang akan dilaksanakan pada bulan April 2020 mendatang,” jelas Buoati.

Sementara itu, Danlantamal VIII Manado Laksamana Pertama Gig Jonias Mozes Sipasulta M.Mar Stud menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kerjasama TNI dengan Pemerintah Kabupaten Minahasa. Dimana telah diketahui bersama bahwa kepedulian terhadap masyarakat serta lingkungan merupakan salah satu wujud dari kerja nyata TNI.

“Dengan tujuan membantu mensukseskan program pemerintah dalam menjaga kelestarian ekosistem wilayah perairan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memperkokoh kemanunggalan TNI dan Rakyat,” ungkap sipasulta.

Apalagi Danau Tondano merupakan salah satu dari 10 Danau Kritis Prioritas yang perlu di Revitalisasi. Untuk itu dirinya mengajak seluruh elemen masyarakat agar terus meningkatkan kepekaan dan kepedulian akan pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan khususnya Danau Tondano yang memiliki banyak manfaat yang dapat menambah penghasilan masyarakat.

“Kegiatan bersih-bersih ini merupakan wujud tanggungjawab dan kepedulian serta kasih sayang kita bersama untuk dapat menjaga dan terus melestarikan kekayaan alam Sulawesi Utara khususnya Danau Tondano ini,” tukasnya. (fis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*