Minggu, 31 Mei 2020

Peduli kesehatan pedagang, PD Pasar Manado gandeng JPAR edukasi kesehatan

manadomanadoterkini.com, MANADO – PD Pasar Kota Manado tidak hanya mengurus aktivitas pasar, namun juga punya aksi sosial lainnya. Salah satunya, mengajak pedagang agar tidak hanya tahu berjualan di pasar, tetapi juga peduli atas kesehatannya.

Hal itulah yang mendorong PD Pasar bekerjasama dengan berbagai instani lainnya, menggandeng Ketua TP-PKK Kota Manado Prof DR Julyeta PA Runtuwene MS DEA (JPAR) untuk memberi edukasi kepada pedagang dalam kegiatan Integrasi Penguatan Promosi, Konseling Kesehatan dan Hak-Hak Reproduksi, yang digelar di Pasar Bersehati, Kelurahan Calaca, Kota Manado, Sabtu (15/02/2020).

JPAR dalam kesempatan tersebut menyampaikan materi dan mengedukasi para pedagang yang hadir soal pendewasaan usia perkawinan, dagang produk Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS), sosialisasi bina keluarga Balita di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), pelayanan KB gratis, deteksi dini kanker serviks, pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat dan para pedagang di Pasar Bersehati.

“Sosialisasi ini kiranya bermanfaat bagi kita semua masyarakat Kota Manado, lebih khusus bagi kaum perempuan sehubungan dengan mendeteksi dini kanker serviks dan pelayanan kesehatan serta bina keluarga Balita di Kota Manado,” ujar isteri Walikota Manado DR GS Vicky Lumentut (GSVL) ini.manado

Dalam kesempatan tersebut, JPAR didampingi pejabat instansi terkait, antara lain Kadis Kesehatan Ivan Marthen, Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB) Meisje Wolah, dan Forum Kota Sehat Manado (FKSM), serta Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kota Manado.

Hadir juga Ketua Badan Pengawas (Banwas) PD Pasar Kota Manado Max Bawotong dan sejumlah jajaran PD Pasar.

Sementara itu, Dirut PD Pasar Kota Manado Stenly Suwuh mengatakan, kegiatan seperti ini akan rutin dilakukan PD Pasar, karena pihaknya juga peduli dengan ksehatan jajarannya maupun pedagang.

“Kegiatan seperti ini sangat baik, karena pedagang juga harus terus diberikan edukasi tentang kesehatan. Dan kami beterima kasih kepada Ibu Paula Runtuwene yang sudah hadir dan memberikan materi,” ujar Suwuh. (*/aldi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*