Kenang GSVL pernah tinggal di Kleak, warga pun usul bangun SMPN Binsus berbasis TIK

FM

Musrenbang RKPD Kota Manado tahun 2021 tingkat Kecamatan Malalayang, Jumat (14/02/2020)

manadoterkini.com, MANADO – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kota Manado sudah masuk di tingkatan kecamatan. Tujuannya, dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2021 di 87 Kelurahan.

Dan Jumat (14/02/2020) awal pekan ini, Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kota Manado menggelar Musrenbang RKPD di Kecamatan Malalayang, yang dipusatkan di halaman Kantor Camat Malalayang, dihadiri langsung Kepala Bapelitbangda Dr Liny Tambajong bersama jajaran.

Dari 9 kelurahan yang tampil menginformasikan usulan di Musrenbang Kecamatan sebagai hasil dari Musyawarah Lingkungan dan Musrenbang Keluruahan, Kelurahan Kleak tampil dengan usulan yang selaras dengan visi Walikota Manado DR GS Vicky Lumentut (GSVL) dan Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan.

Ir Diantje Sompie, salah satu utusan Kelurahan Kleak menjelaskan, sebagai prioritas pertama Musrenbang Kleak mengusulkan agar dapat dibangun SMP Negeri Binaan Khusus (Binsus) di Kelurahan Kleak.

“Hampir 40-50 tahun lalu di Kleak sudah ada SMP dan SMA Binaan Khusus yang waktu itu disebut Labor Khusus. Di kelurahan kami ada 5 Sekolah Dasar Negeri. Tapi SMP Negeri terdekat ada di Karombasan yakni SMP Negeri 4, dan di Malalayang yakni SMP Negeri 8. Sementara itu kita tahu bersama Kampus Unsrat berada salah satunya di lingkungan Kelurahan Kleak,” ujar Sompie.

Dikatakannya, banyak juga dosen bauk Perguruan Tinggi Negeri atau swasta yang bermukim di Kleak. Anak-anak sekolahnya sebenarnya memiliki potensi unggulan yang jika dikelola dengan baik akan berkontribusi positif bagi pendidikan menengah di Kota Manado.

“Kehadiran SMP Negeri, apalagi jika dimungkinkan dengan kapasitas Binaan Khusus yang mengembangkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sejak awal, sudah menjadi kebutuhan di Kelurahan Kleak,” ujarnya.

Menambahkan usulan Sompie, Drs Max Kawengian yang juga mewakili Kleak ikut menambahkan bahkan mengenang bahwa Walikota GSVL pernah tinggal di Kleak semasa kuliah di UNSRAT, tepatnya di Lingkungan IV area yang sering disebut Inpres Kiri

“Torang pe Walikota waktu kuliah pernah tinggal di Kleak, di Inpres Kiri. Nah, dengan visi Manado Kota Cerdas, kami yakin usulan kami akan dipertimbangkan dan diterima oleh forum Musrenbang Kota sehingga perangkat daerah yang akan memfasilitasi pembangunan gedung sekolah serta fasilitas lainnya akan dapat menganggarkannya pada APBD 2021,” ujar Kawengian.

Musrenbang Kecamatan Malalayang ini sendiri dipimpin Camat Malalayang Reyn Heydemans, dihadiri Sekcam, para Lurah, perangkat Kecamatan, Dandim Malalayang, dan Kapolsek Malalayang, serta pihak terkait.(*/mlz)

Posting Terkait

Tinggalkan pesan