Manfaatkan Teknologi, Pemkot Manado Gelar Musrenbang Online

manadoterkini.com, MANADO – Akibat wabah Covid-19, kegiatan pemerintahan yang melibatkan banyak orang di Kota Manado, tidak lagi dibenarkan. Alhasil, dalam menjalankan rapat-rapat yang melibatkan banyak orang, Pemkot Manado memanfaatkan teknologi. Seperti halnya kegiatan Musyawarah Pembangunan Daerah (Musrenbang) tingkat Kota Manado, yang dipimpin langsung Walikota GS Vicky Lumentut, akhirnya bisa dilakukan secara online, Senin (13/04/2020).

manado

Walikota Manado GS Vicky Lumentut memimpin langsung Musrenbang tingkat Kota Manado melalui vidio conference dari rumah puncak Malalayang

Padahal akibat wabah covid -19 di Kota Manado, kebijakan work from home atau kerja dari rumah telah dilakukan Pemkot Manado sebagai upaya memperkuat physical distancing.

Musrenbang Online Pertama di Kota Manado berlangsung hampir 5 jam, tepatnya 4 jam 50 menit. Dihadiri 98 partisipan, dilaksanakan oleh Bapelitbangda Kota Manado, yang difasilitasi Dinas Komunikasi dan Informatika dengan memanfaatkan teknologi Cerdas Command Center sesuai dengan Surat Edaran Kementrian Dalam Negeri tentang pelaksanaan Musrenbang RKPD Provinsi dan Kota/ Kabupaten harus tetap dilaksanakan dengan tetap mengindahkan SOP penanggulangan covid-19.

manado

Kegiatan Musrenbang yang digelar Bapelitbangda secara online diikuti Forkopimda, Perangkat Daerah serta perwakilan Kecamatan di Kota Manado melalui aplikasi zoom difasilitasi Dinas Kominfo memanfaatkan teknologi Cerdas Command Center (C3).

Dalam kesempetan tersebut Walikota Manado, G.S. Vicky Lumentut, Wakil Walikota, Mor Dominus Bastiaan, Sekretaris Daerah Micler Lakat, seluruh Kepala Perangkat Daerah, hingga Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, di antaranya Dandim 1309 Manado, Kepala PN Manado, dan Kajari Manado, mengikuti Musrenbang secara seksama dengan dimoderatori oleh Asisten Administrasi Umum Sekda Kota Manado, Peter Karl Bart Assa, Ph.D.

“Syukur atas perkenaan Tuhan ditengah pandemi covid-19, kita boleh melaksanakan Musrenbang Kota Manado dalam keadaan sehat dan diberkati. Begitu juga bagi kita semua tetap semangat dalam kebersamaan membangun kota Manado yang kita cintai dan banggakan ini. Terima kasih kepada Bapelitbangda telah menyelenggarakan kegiatan dan Dinas Kominfo yang telah memfasilitasi dengan memanfaatkan teknologi di Cerdas Command Center (C3) sehingga kegiatan Musrenbang bisa terlaksana dengan baik,” ujar Walikota Manado dari kediamannya puncak Malalayang lewat video conference melalui aplikasi zoom.

manadoSalah satu syarat penetapan perencanaan pembangunan daerah yang bermuara pada dokumen APBD Kota Manado 2021, menampilkan Narasumber Walikota Manado, G.S. Vicky Lumentut, Kepala Bapelitbangda Kota Manado, Kepala Bappeda Provinsi Sulut, menghasilkan beberapa rumusan program dan kegiatan pembangunan di tahun 2021, dengan memperhatikan dan memperhitungkan perkembangan dampak Covid19 baik dalam skala Nasional, Provinis, maupun Kota Manado.

“Untuk tahun 2020 ini karena adanya pandemi covid-19, pasti akan mengalami perubahan pertumbuhan ekonomi yang sangat siqnifikan. Ada beberapa rumusan prioritas pembangunan di tahun 2021 mendatang, namun kita tetap berpedoman perkembangan dampak covid-19, baik dalam skala Nasional, Provinsi dan Kota tentunya dengan melihat tiga hal penanganan dampak covid-19 yakni, Pertama, tentang Keselamatan, yakni keselamatan kesehatan masyarakat dan keselamatan kesehatan tenaga medis, Kedua, Social safety net, atau jaring pengamanan sosial, Ketiga, Dampak ekonomi, UMKM,” terang Walikota GSVL. (aldi)

GS Vicky Lumentut Musrenbang Pemkot manado Walikota Manado

Posting Terkait

Tinggalkan pesan