Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanLiputan KhususManado

Bantuan terdampak Covid-19, GSVL : Penyaluran door to door, tidak boleh diwakilkan

×

Bantuan terdampak Covid-19, GSVL : Penyaluran door to door, tidak boleh diwakilkan

Sebarkan artikel ini
manado dampak covid-19
Walikota Manado GS Vicky Lumentut memberikan arahan terkait penyaluran bahan pokok bagi warga terdampak covid-19.(ist)

GUNA mamastikan penyaluran bantuan terdampak Covid-19 tepat sasaran, Walikota Manado GS Vicky Lumentut menegaskan dilakukan secara  door to door langsung ke rumah warga.

“Penerima bantuan tidak boleh diwakilkan. Nantinya, setelah menyerahkan bantuan kepada warga yang namanya sesuai dengan data, Pala harus mengambil tanda terima ditandatangani oleh penerima bantuan. Jika penerimanya tidak berada di tempat lebih baik dilewati dulu, agar tidak ada mengatakan bahwa saya tidak terima yang terima bukan saya,”tandas Wali kota GSVL, di Gedung Youth Center, Jumat (24/04/2020) lalu.

Wali kota GSVL mengatakan, kepala lingkungan akan diawasi oleh lurah, Babinsa dan Babinkamtibmas. Jika nanti dalam penyaluran masih ada masyarakat yang belum terdata, Pala harus mendatanya dan akan diverifikasi dan divalidasi.

manado dampak covid-19
Penyaluran bahan pokok oleh Pemkot Manado melalui Dinas Sosial diseriusi Walikota Manado GS Vicky Lumentut

“Warga yang belum terdata atau terlewati, silahkan didata kembali dengan menunjukkan Kartu Keluarga untuk diverifikasi dan divalidasi kembali. Karena yang kami bantu adalah warga kota Manado yang kehilangan pekerjaan karena di PHK, atau warga yang sudah tidak ada lagi penghasilan dampak dari pandemik covid-19,”ujar GSVL.

Untuk paket bantuan, disampaikan Wali Kota GSVL, Beras 10 Kg, Super Mie 10 Bungkus, Ikan Kaleng 10 kaleng, Gula 2 KG dan kopi.

“Saya harapkan bantuan ini bisa segera tersalurkan dalam beberapa hari ini, agar dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak covid-19. Mari kita berdoa agar pandemi covid-19 ini segera berakhir, agar dapat kembali berkativitas seperti biasanya,” harap Walikota Manado dua periode ini.

GSVL Tinjau Penyaluran Bahan Pokok  

Walikota GSVL, terus memantau dan memastikan agar penyaluran bahan kebutuhan pokok, bantuan social safety net dari Pemkot Manado lewat Dinas Sosial berjalan dengan baik di hari kedua, di Youth Center Kota Manado, Sabtu (25/04/2020).

manado dampak covid-19
Walikota Manado GS Vicky Lumentut memantau langsung penyaluran bantuan di hari kedua di Gedung Youth Center Manado

GSVL memberikan apresiasi kepada jajaran Dinas Sosial Kota Manado, Kadis Drs. Sammy Kaawoan, bersama rekan-rekan ASN dan THL bekerja dengan tulus dalam menyiapkan paket bantuan bahan kebutuhan pokok bagi masyarakat yang terdampak covid-19 di Kota Manado.

manado dampak covid-19
Walikota GSVL apresiasi jajaran Dinas Sosial dalam penyaluran bantuan terdampak covid-19

“Terima kasih kerja dari kawan-kawan, Kadis dan ASN THL di Dinas Sosial Kota Manado. Torang bantu rakyat dengan tulus dan doa saya Tuhan berkati torang semua,” ucap Walikota.

GSVL turun langsung serahkan paket bantuan bahan pokok

manado dampak covid-19
Walikota GSVL turun langsung menyerahkan bantuan terdampak covid-19 di Pulau Bunaken mengunakan jetsky

Pemkot Manado melalui Dinas Sosial, Senin (27/04/2020) menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang terdampak covid-19 di tiga kecamatan, masing-masing, Kecamatan Bunaken Kepulauan, Bunaken dan Tuminting, yang langsung dipantau dan diserahkan secara simbolis oleh Walikota Manado, DR, Ir. GS Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEA.

Menyambangi tiga kecamatan, Ketua Dewan Pengawas Apeksi tersebut, menggunakan Jetski, bertolak dari kawasan megamall, menuju pulau Bunaken Kecamatan Bunaken Kepulauan dan selanjutnya ke Bahowo Kecamatan Bunaken dan Kelurahan Bitung Karangria Kecamatan Tuminting.

manado dampak covid-19
Pemberian bantuan terdampak covid-19, langsung oleh Walikota Manado GS Vicky Lumentut kepada warga Kepulauan Bunaken

“Hari ini, bantuan paket kebutuhan bahan pokok masyarakat terdampak covid-19 disalurkan ke tiga kecamatan, yakni, Bunaken Kepulauan, Bunaken dan Tuminting, saya pantau langsung distribusinya dan menyerahkan secara simbolis kepada warga, kami harapkan warga dapat memeriksa langsung paket bantuan tersebut, apabila kurang langsung dapat melaporkan kepada petugas yang menyalurkan ataupun ada paket yang sudah kadarluarsa segera laporkan untuk diganti,” ujar Walikota.

Walikotapun yang juga ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kota Manado ini, terus berharap agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan, jaga jarak, rajin cuci tangan, hindari keramaian, pakai masker, keluar rumah apabila ada keperluan yang mendesak dan penting dan tetap berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar pandemi corona virus ini cepat berlalu dari kehidupan kita umat manusia,” ujar Walikota.

manado dampak covid-19Ini tujuh pesan Walikota GSVL terkait bantuan bahan pokok dari Pemkot Manado :

1. Pandemi Covid-19 adalah virus baru yang bisa menyerang siapa saja, dimana saja didunia ini termasuk Kota Manado, mulai dari orang berpangkat tinggi (Pejabat), orang berduit (Pengusaha), sampai dengan rakyat kecil dan berpenghasilan rendah.

2. Belum ada obat atau Vaksin yang dapat menyembuhkan dan menangkal virus covid 2019 dan juga belum ada yang tahu kapan virus ini akan berakhir.

3. Karena itu Saya meminta dan berharap perhatian kita bersama. “jangan pandang remeh, karena merasa kita sehat-sehat saja, kita kuat. Tapi mari kita bersama lawan virus covid-19 ini, memutuskan mata rantai penyebarannya supaya tidak banyak yang terjangkit dengan cara :

manado dampak covid-19– Tinggal di rumah saja, kecuali ada hal penting dan mendesak, untuk kita keluar rumah

– Hindari perkumpulan banyak orang, kalaupun ada perkumpulan tidak lebih dari 5 orang

– Jaga jarak antar satu dengan yang lain. Atur jarak berdiri atau duduk dengan jarak 1 sampai dengan 2 Meter.

– Pakai selalu masker, waktu kita keluar dari rumah ataupun waktu kita berbicara dengan orang lain.

– Sering mencuci tangan, pakai sabun di air yang mengalir

– Untuk sementara beribadah di rumah masing-masing, belum boleh beribadah berjamaah disemua rumah ibadah. Tapi mari kita beribadah (Doa/Sembahyang) bersama keluarga kita di rumah.

– Makan yang cukup dan sehat, serta olahraga secukupnya supaya tubuh kita sehat dan kuat.

4. Saya atas nama Pemerintah Kota Manado, memberikan bantuan untuk keluarga yang terdampak ekonominya karena kehilangan pekerjaan dimasa sulit ini, tercatat ada 66.845 di 11 Kecamatan yang akan dibantu dengan bahan pokok.

manado dampak covid-195. Saya tegaskan kepada Kepala Lingkungan kerja jujur dan tulus untuk salurkan bantuan bahan pokok ini, dari rumah ke rumah warga yang namanya sudah tercatat sebagai penerima paket bahan pokok. Namun kalau masih ada warga Kota Manado yang belum tercatat namanya, agar dicatat oleh Kepala Lingkungan dan dilaporkan kepada Lurah. Lurah lanjutkan data tersebut ke Camat, dari Camat ke Kadis Sosial Kota Manado, guna diteliti lagi dan baru diberi bantuan.

6. Saya harapkan kerja sama kepada keluarga yang yang menerima bantuan, sebelum menandatangani daftar tanda terima paket bahan pokok. Maka terlebih dahulu memeriksa paket bantaun tersebut dihadapan Kepala Lingkungan atau Petugas yang menyalurkan. Apabila ditemukan masalah, misalnya ada bahan pokok yang jumlahnya kurang (Atau tidak sesuai dengan janji Walikota) ataupun barang yang sudah kadaluarsa waktunya, maka saat itu juga dihadapan Kepala Lingkungan ataupun Petugas langsung diberitahukan tentang masalah tersebut. Supaya masalah tersebut dicatat dilaporkan oleh Kepala Lingkungan, kepada Lurah dan dilanjutkan ke Kadis Sosial Kota Manado, untuk dilengkapi kalau ada yang kurang atau diganti kalau ada bahan pokok kadaluarsa. Jangan nanti melapor masalahnya ketika Kepala Lingkungan atau Petugas sudah tidak ada di rumah atau sudah lewat 1 hari baru kita melapor. Tolong diingat rakyatku. “Semangat kami adalah bantu rakyat dimasa sulit ini, bukan membuat masalah

7. Penyaluran bantuan bahan pokok ini, dikontrol dan diawasi oleh Tim Kecamatan (Camat, Kapolsek dan Danramil), Tim Kelurahan ( Lurah, Babinsa dan Babinkamtibmas). Saya mintakan kerjasama kita semua, baik rakyat dan petugas kami agar penyaluran bantuan bahan pokok Pemerintah Kota Manado dapat berjalan dengan baik dan tepat sasaran. Terima kasih, Salam sehat. “ Walikota Manado, DR. Ir. GS Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEA.

——- Liputan Khusus ——