Besok, Laboratorium PCR COVID-19 di Sulut Bakal Beroperasi

dandel

Jubir gugus tugas covid-19 Pemprov Sulut, Steven Dandel

manadoterkini.com, SULUT – Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dr Steven Dandel, Sabtu (2/5/2020) mengatakan bila tak ada aral melintang, besok Laboratorium PCR COVID-19 di Sulut akan segera beroperasi.

“Mulai besok laboratorium PCR kita mulai beroperasi untuk memeriksa sampel. Kapasitas sampel yang dimiliki laboratorium ini adalah 90 spot yang bisa diputar sekali running,” kata dr Dandel dalam jumpa pers melalui video conference.

Meski sudah memiliki laboratorium PCR di Sulut menurut Dandel bukan berarti semua sampel dapat diperiksa dalam 1 hingga 2 jam, namun sedikitnya membutuhkan 9 hingga 12 jam.

“Dengan proses yang begitu rumit yang harus dilakukan oleh tenaga analis dan harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Kapasitasnya adalah 90 sampel, tetapi apabila kita bisa running 1×24 jam, itu bisa 180 sampel yang bisa diperiksa,” ujar Dandel.

Nantinya menurut Dandel ada 9 orang petugas laboratorium yang sudah dilatih yang akan menjalankan laboratorium ini dengan pembagian waktu yang sudah diatur untuk menjaga stamina petugas laboratorium.

Lanjut Dandel, apabila laboratorium ini sudah berfungsi, pihaknya akan memperluas pemeriksaan Swab untuk memastikan status dari seluruh Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang ada di rumah sakit di seluruh daerah Sulawesi Utara.

“Ketika kita bisa memastikan apakah PDP tersebut bisa dikeluarkan dari ruang isolasi atau terkonfirmasi positif COVID-19, maka harapan kita rumah sakit akan berkurang merawat PDP dengan pemeriksaan yang semakin cepat ini,” harap Dandel. (Rizath)

Covid 19 Laboratorium PCR Provinsi Sulut steven dandel

Posting Terkait

Tinggalkan pesan