Kecamatan Ratatotok Jadi Target Pemeriksaan KTP

Manadomanadoterkini.com,  MITRA – Kecamatan Ratatotok jadi target pemeriksaan Kartu Tanda Penduduk (KTP) kusus bagi warga pendatang.

Dikatakan JS dalam pesan singkat di grup WhatsApp Media, Sabtu (9/5/2020), perangkat desa/kelurahan dan kecamatan harus lebih tegas lagi dalam pemeriksaan.

“Karena situasi wabah Covid-19 di Sulawesi Utara (Sulut) semakin tinggi, untuk itu saya perintahkan kepada semua kumtua/lurah dan camat agar memperketat pengecekan kartu tanda penduduk (KTP) para pelaku perjalanan luar Mitra,” pungkas JS.

Lebih lanjut lagi Sumendap menyampaikan, bagi para pekerja yang bekerja di wilayah Mitra, harus ada izin khusus dari perusahaan masing-masing.

“Saya dapat informasi kalau di Kecamatan Ratatotok, banyak penambang ilegal yang datang dari luar Mitra. Saya minta agar para camat bisa mengkoordinir aparat di desa agar segera melakukan pengecekan KTP,” tandas Sumendap dalam pesannya.

Bupati dua periode ini juga mengimbau kepada pelaku perjalanan yang akan ke Mitra tanpa kepentingan khusus selain pekerjaan tidak perlu masuk.

“Kalau tidak ada keperluan khusus, para petugas harus menyampaikan secara baik agar mereka bisa bertanggung jawab untuk meninggalkan kabupaten ini. Kecuali mereka memiliki keahlian khusus di bidangnya dalam pekerjaan, lain dari itu, saya persilahkan meninggalkan wilayah ini,” jelas Sumendap.

Sementara itu, Camat Ratatotok Merdie Andri Tania menanggapi instruksi Bupati JS langsung menindaklanjuti arahan tersebut. Merdie mengatakan bahwa larangan tersebut telah diberlakukan sejak seminggu yang lalu.

“Memang sebelum dikaluarkan larangan ketat dari Bupati, pihak kami telah menerapkannya lebih dulu sejak seminggu yang lalu,” terang Merdie Minggu (10/5/2020).

Namun menurutnya masih banyak yang tetap menerobos masuk untuk menambang di wilayah tersebut.

“Tapi dengan adanya instruksi tegas ini, kami tak segan-segan lagi menolak masuknya para penambang ilegal tersebut. Semua akses masuk dijalan-jalan “tikus” telah dijaga ketat saat ini,” tandas Camat Ratatotok.

Mardie menambahkan, pihaknya bersama aliansi Ratatotok telah bekerjasama untuk mengawal instruksi pemerintah.

“Kita ada kerjasama dengan pihak aliansi, agar bisa menjaga jalur masuk ke wilayah tambang. Bila didapati akan langsung dipulangkan,” kunci Mardie. (win)

Posting Terkait

Tinggalkan pesan