Penanaman Nilai-Nilai Bela Negara Untuk Menangkal Ancaman Degradasi Terhadap Pancasila

Sulut hebatmanadoterkini.com, SULUT – Gerakan Kader Bela Negara menjadi kebutuhan mendesak saat ini sering maraknya ancaman terhadap kelestarian Pancasila sebagai ideologi negara.

Nilai-nilai Kader bela negara yang berbasis Pancasila, merupakan sumber kekuatan bangsa yang harus terus dilestarikan sebagai cerminan identitas karakter bangsa Indonesia.

Bela negara ini bukan pilihan, tapi kewajiban kita semua bersama seluruh komponen bangsa. Bela negara ini adalah sebuah konsep solusi terhadap semua persoalan bangsa.

Pancasila merupakan ideologi bangsa yang terbukti ampuh mempersatukan beragam perbedaan mulai dari suku, ras, budaya, dan agama di Indonesia. Oleh sebab itu, cara untuk menghancurkan Indonesia adalah dengan menjauhkan bangsa dari Pancasila.

Tanpa Pancasila, Indonesia berpotensi terpecah belah. Sehingga Pancasila itu sebagai alat pemersatu bangsa, alat perekat bangsa. Harus kita bela dengan kita semua menjadi kader bela negara.

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Wagub Drs Steven Kandouw mengamanatkan kepada Kaban Kesbangpolda Sulut dan jajarannya untuk mencetak 25.000 kader bela negara di Provinsi Sulawesi Utara pada 2020. Penanaman nilai-nilai bela negara dipercaya ampuh untuk menangkal ancaman degradasi terhadap Pancasila.

Upaya ini dapat mewujudkan SDM Indonesia unggul Sulut Hebat yang memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara, yakin akan Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban, taat pada aturan hukum, disiplin, serta bekerja profesional sesuai bidang pengabdiannya.

SDM Unggul adalah manusia Indonesia yang lahir dan tumbuh dalam kondisi kesehatan yang baik, mendapatkan pendidikan yang berkualitas dan memiliki karakter kuat. Dengan begitu, mereka siap bersaing di tengah situasi global yang kompetitif.

Dalam rangka meningkatkan program pembangunan SDM dengan perekrutan kader Bela Negara melalui Live Event dalam rangka Peringatan Hari Lahir Pancasila Ke 75 Tanggal 1 Juni 2020.

Penanaman nilai-nilai bela negara dan pemberian pendidikan Kader Bela Negara kepada seluruh ASN Dan THL Pemerintahan Provinsi Sulut. Hal ini dilakukan untuk membentuk generasi Smart ASN dan THL demi terwujudnya birokrasi yang mampu menjaga loyalitas dan profesionalitas kerja yang didasari pemahaman nilai nilai Pancasila.

Kader Bela Negara yang akan direkrut nantinya harus memiliki delapan karakteristik, yaitu integritas, nasionalisme, profesionalisme, wawasan global, memiliki kemampuan IT, dan bahasa asing, hospitality, networking, serta entrepreneurship.
Selain itu Kader Bela Negara harus mempunyai sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Esensi nilai-nilai Bela Negara terdiri dari cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, setia pada Pancasila sebagai Ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara serta memiliki kemampuan awal bela negara baik psikis maupun fisik.

Dengan demikian, semangat membangun SDM Indonesia Unggul Sulut Hebat yang kita lakukan bersama dengan masyarkat akan dapat mewujudkan keberhasilan berupa prestasi-prestasi kerja yang profesional dan menjadikan Sulut Hebat di mata Dunia.

Penanaman lima nilai bela negara bagi ASN dan THL serta masyarakat akan meningkatkan kesadaran bela negara dengan ditandai munculnya esensi nilai-nilai Bela Negara yang terdiri dari cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, setia pada Pancasila sebagai Ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara serta memiliki kemampuan awal bela negara baik psikis maupun fisik.

Sehingga Kader Bela Negara yang memiliki fondasi dasar pancasila tentunya berpengaruh terhadap kesadaran masyarakat Sulawesi Utara dalam mendukung pembangunan nasional dalam membangun SDM yang unggul untuk Indonesia maju Sulut Hebat. (Rizath)

Manado, Kamis, 28 Mei 2020
Kaban Kesbangpolda Sulut
Evans Steven Liow, SSos

Dalam rangka peringatan Hari Lahirnya Pancasila Ke 75 (01 Juni 2020).

manado pilihan

Posting Terkait

Tinggalkan pesan