Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pemerintahan

Terobosan Olly Dondokambey, Hadirkan Laboratorium Biomolekuler Terbesar se-Indonesia Timur

×

Terobosan Olly Dondokambey, Hadirkan Laboratorium Biomolekuler Terbesar se-Indonesia Timur

Sebarkan artikel ini

Sulutmanadoterkini.com, SULUT – Sulawesi Utara bakal memiliki laboratorium biomolekuler berstandar Biosafety Level 2 plus WHO terbesar se-Indonesia Timur.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Pemprov Sulut Steve Kepel mewakili Gubernur Olly Dondokambey dalam rapat Gugus Tugas, Selasa (8/9/2020).

Menurut Kepel, Komitmen Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey untuk mempercepat penanganan pandemi Covid-19 di daerahnya tak perlu diragukan lagi. Terobosan demi terobosan terus dilakukan Gubernur Olly.

Laboratorium nantinya berlokasi di Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) yang bersumber dari dana hibah APBD Provinsi Sulut untuk Unsrat.

“Ini tidak hanya dapat memeriksa sampel Covid-19 saja, tapi juga untuk pemeriksaan biomolekuler lainnya seperti kanker, penanda tumor dan lainnya,” kata Kepel.

Selain itu, lanjut Kepel kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ditempatkan di laboratorium biomolekuler telah diakui badan kesehatan dunia.

“Laboratorium ini memiliki luasan dan jumlah ruangan terlengkap se Indonesia timur serta memiliki SDM yang tersertifikasi internasional dan diakui oleh CDC US dan WHO,” ungkap Steve Kepel.

Terkait pengoperasian perdana laboratorium, Kepel memastikan laboratorium siap digunakan setelah peralatan yang dikirim dari Jakarta tiba di Manado.

“Peralatan untuk laboratorium dikirim dari Jakarta. Nanti kalau sudah diterima tentunya laboratorium siap diresmikan penggunaannya,” tutur Kepel. (*/Rizath)