Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanPemerintahan

Jokowi Buka Konferensi Besar GP Ansor di Minahasa

×

Jokowi Buka Konferensi Besar GP Ansor di Minahasa

Sebarkan artikel ini

Sulutmanadoterkini.com, SULUT – Presiden RI Joko Widodo membuka secara resmi Konferensi Besar (Konbes) XXIII Gerakan Pemuda (GP) Ansor Tahun 2020 di Kabupaten Minahasa secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (18/9/2020).

Pada mesempatan itu Jokowi mengapresiasi bahwa GP Ansor yang selalu mencintai tanah air adalah sebagian dari iman.

Semangat itulah yang diwariskan para ulama Hubbul Wathan Minal Iman.

”Warisan semangat para ulama inilah yang membuat GP Ansor selalu dibutuhkan kehadirannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Jokowi.

Hal ini, menurut Joko Widodo, telah dibuktikan oleh GP Ansor yang lahir dari rahim Nahdlatul Ulama (NU) dalam kiprahnya untuk terus berdiri kokoh memainkan peran sebagai simpul kebangsaan.

”Ini yang saya sejak lama sangat mengapresiasi dan menghargai kiprah GP Ansor,” kata Jokowi.

Menurut Jokowi GP Ansor telah teruji mampu menjadi perekat di tengah keragaman dan perbedaan, bahkan kehadiran Banser GP Ansor telah ikut memberikan rasa aman bagi semua anak bangsa dalam menjalin tali persaudaraan.

”Peran sejarah GP Ansor ini sangat relevan dengan kondisi negara yang majemuk, yang beragam dalam suku, agama, dan juga budaya. Keragaman dan perbedaan bukanlah kelemahan, melainkan sebuah kekuatan yang kalau disatukan akan membuat negara dan bangsa kita menjadi negara maju yang berdiri sejajar dengan negara-negara lain di dunia,” jelas Jokowi.

Jokowi menambahkan bahwa dalam kehidupan demokrasi, perbedaan dalam kemajemukan pasti sebuah keniscayaan.

Sistem demokrasi di Indonesia telah memberikan ruang kebebasan untuk menyatakan pendapat, namun, Jokowi menyampaikan bahwa ruang kebebasan itu justru sering dibajak untuk mengklaim dirinya paling benar dan yang lain dipersalahkan kemudian merasa berhak memaksakan kehendak karena merasa paling benar.

”Karena itu, saya berharap seluruh kader GP Ansor meneladani sikap terpuji yang diambil para ulama untuk selalu Tawassuth, Tawazun, I’tidal, Tasamuh tanpa menghilangkan semangat Amar Ma’ruf, Nahi Munkar,” tegas Jokowi.

Jokowi juga mengajak seluruh anggota GP Ansor untuk meringankan beban masyarakat di seluruh Indonesia yang terdampak pandemi Covid-19.

“Saya mengajak seluruh anggota Gerakan Pemuda Ansor di manapun berada, baik secara individual maupun kolektif, ikut turun tangan bersama-sama pemerintah dan elemen bangsa yang lainnya, baik secara kelompok maupun pribadi, membantu meringankan beban saudara-saudara kita,” tutur Jokowi.

Hadir pada Konbes XXIII GP Ansor Tahun 2020 di Kabupaten Minahasa, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Ketua Umum GP Ansor, Yaqut Cholil Qoumas. (*/Rizath)