Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanLiputan KhususManado

Pemkot Manado gelar Rapat Evaluasi SAKIP bersama Perwakilan Kemenpan-RB

×

Pemkot Manado gelar Rapat Evaluasi SAKIP bersama Perwakilan Kemenpan-RB

Sebarkan artikel ini

manadoRAPAT Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Manado bersama Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) dibuka Walikota DR Ir G.S Vicky Lumentut. SH.Msi DEA,secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Selasa (15/09/2020) bertempat di Aula Serba Guna Pemkot Manado.

Walikota manado, Vicky Lumentut dalam sambutannya menyebutkan. Peraturan presiden (Perpres) RI Nomor 29 Tahun 2014 tentang SAKIP, penyelenggaraan SAKIP dilaksanakan secara selaras dan menyeluruh, serta sesuai dengan tatacara pengendalian dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan baik di pusat maupun di daerah.

sakipDijelaskan Walikota Vicky Lumentut, penyelenggaraan SAKIP pada tingkat perangkat daerah dilaksanakan oleh entitas akuntabilitas kinerja perangkat daerah yaitu instansi pemerintah selaku pengguna/kuasa pengguna anggaran yang melakukan pencatatan, pengelolaan dan pelaporan data kinerja.

“Kebijakan peningkatan implementasi SAKIP Pemkot Manado di antaranya memastikan target kinerja sebelum pengajuan anggaran, melakukan perjanjian kinerja, pengukuran kinerja, pengelolaan data kinerja, pelaporan kinerja serta review dan evaluasi kinerja. untuk itu harus ada keselarasan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dengan Rencana Strategis (Renstra), Keselarasan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dengan Rencana Kerja Perangkat Daerah (Renja) dan kinerja berorientasi hasil, monitoring dan evaluasi secara berkala, pelaporan kinerja serta evaluasi kinerja,” jelas Walikota.

manadoDibeberkan Walikota Vicky Lumentut, SAKIP kota manado dalam kurun waktu tujuh tahun terakhir, grafik nilai evaluasi menunjukan peningkatan, dari 51.17 di tahun 2012 hingga 72.25 dj tahun 2019 tingkat akuntabilitas kinerja ini meraih predikat “BB” sejak tahun 2017. Tahun depan target kami predikat “A”.

“Untuk Memenuhi Target Tersebut, mari lebih berbenah diri secara utuh dan menyeluruh. Kita harus mulai dari sistem perencanaan, penganggaran, hingga sistem pelaporan kinerja. Orientasi kinerja kita tidak lagi berkutat pada menyusun laporan dan menyerap anggaran, Namun lebih daripada itu, menciptakan multiplier effect bagi kemajuan kualitas hidup masyarakat, dan bahwa manfaat kinerja Pemkot Manado harus dapat dirasakan oleh masyarakat”beber Walikota Vicky Lumentut.
Walikota Vicky Lumentut yakin rekan-rekan jajaran Pemkot Manado dapat berproses lebih baik untuk meningkatkan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Sakip) Kota Manado.

sakip“Dengan SAKIP, kita sudah memiliki sistem yang solid. Yang kita butuhkan selanjutnya ialah mempelajari dan memahami sistem tersebut agar dapat menggunakannya bagi kebaikan masyarakat”ujar Walikota manado dua periode ini, Vicky Lumentut.

Walikota Vicky Lumentut menyampaikan pesan, agar terus menerapkan protokol kesehatan, saat beraktivitas karena mengingat covid-19 masih ada hingga saat ini. Tetaplah menjalankan protokol kesehatan, baik dalam bekerja maupun dalam keseharian hidup, mengingat kita masih dalam situasi pandemi covid-19.
Hadir pula Sekretaris Daerah Kota Manado, Micler CS Lakat, SH, MH, para Asisiten Setda, jajaran Kepala OPD dan perwakilan Kemenpan-RB Tim evaluasi SAKIP dan Reformasi Birokrasi Kemenpan RB untuk Sulawesi Utara, Ibu Hatni, Paulus Julius Rahakbauw, Arif Hariyanto.

sakipUsai agenda pembukaan kegiatan, dilanjutkan dengan evaluasi SAKIP oleh Kemenpan RB secara virtual dengan menelaah dan tanya jawab serta sharing dengan perwakilan beberapa OPD sebagai sampel SAKIP untuk dievaluasi.(