Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pemerintahan

Olly Dondokambey Panen Padi Bersama Petani di Kakas

×

Olly Dondokambey Panen Padi Bersama Petani di Kakas

Sebarkan artikel ini

manadoterkini.com, SULUT – Olly Dondokambey yang saat ini dalam masa cuti sebagai Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) melakukan panen padi bersama Kelompok Tani Kakas Raya, di Desa Touliang Kakas Barat, Senin (05/10/2020).

Menariknya padi yang dipanen tersebut adalah padi yang ditanam Olly sendiri dilahan seluas 5 hektare dengan varitas lokal super win.

“Padi ini ditanam oleh pak Olly dengan masa waktu 107 hari, dan hari ini pak Olly yang memanennya. Dan hal ini membuktikan kepedulian pak Olly mulai dari menanam sampai panen,” ujar Ketua Tim Kelompok Tani Pdt Lucky Rumopa MTh.

Sementara Olly Dondokambey sendiri menjelaskan bahwa panen padi kali ini akan sangat berdampak pada ketahanan pangan masyarakat Sulut di masa pandemi Covid 19.

“Ini (panen padi) juga akan berdampak baik pada perekonomian petani, seperti panen ini sebanyak 11,2 ton gabah kering yang akan menghasilkan sekitar 6 ton beras. Jadi dalam sebulan bisa sampai Rp. 20 juta,” jelas Olly yang pada panen ini bertindak dalam kapasitas Ketua Majelis Pekerja Harian (MPH) Persatuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI).

secara simbolis Olly Dondokambey juga mengoperasikan mesin perontok padi saat memanen.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Minahasa Ir Royke Roring menuturkan panen padi ini akan berdampak pada ketahanan pangan masyarakat Minahasa ditengah pandemi. Oleh karena itu Roring yang hadir bersama Ketua TP PKK Ny Nining Roring-Lumanauw, mengucapkan terima kasih.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Sulut Novly Wowiling dalam laporannya mengatakan, kegiatan panen padi ini adalah musim tanam kedua bersama kelompok tani yang ada di Kakas Raya.

“Ini dalam rangka memperkuat ketahanan pangan dari aspek ketersediaan beras di Sulut.

Hadir pada kegiatan panen padi yang menggunakan protokol kesehatan ini, Ketua DPRD dan Minahasa Glady Kandouw, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Minahasa, dan para kelompok tani se-Kakas Raya. (*/Rizath)