Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pemerintahan

Sekprov Sulut Tinjau Pemungutan Suara dengan Protokol C-19 di Kotamobagu – Bitung

×

Sekprov Sulut Tinjau Pemungutan Suara dengan Protokol C-19 di Kotamobagu – Bitung

Sebarkan artikel ini

manadoterkini.com, SULUT – Sekdaprov Sulut Edwin Silangen bersama jajaran Forkopimda Sulut meninjau simulasi pemungutan dan penghitungan suara di TPS dengan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19 di Kota Kotamobagu dan Bitung, Kamis (12/11/2020).

Kehadiran Silangen sendiri mewakili Pjs Gubernur Sulawesi Utara Agus Fatoni dalam rangka meninjau kegiatan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bitung.

Dalam simulasi tersebut Silangen mengakui banyak pola dan ketentuan yang berubah dalam pelaksanaan Pilkada.

Antara lain kata Silangen, pemilih per TPS paling banyak 500, pengaturan kedatangan, wajib memakai masker, KPPS sehat dari Covid-19, areal TPS bebas Covid-19, pengunaan sarung tangan plastik sekali pakai, suhu tubuh sehat harus normal sterilisasi paku dan tinta ditetes.

Lanjut Silangen Pilkada juga harus diselenggarakan dengan prinsip mandiri, jujur, adil, kepastian hukum, tertib, kepentingan umum, keterbukaan, proporsionalitas, profesionalitas, akuntabilitas, efisiensi, efektivitas dan aksesibilitas.

“Pilkada Serentak 2020 juga harus diselenggarakan dengan mengutamakan prinsip kesehatan dan keselamatan, dengan berpedoman pada protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19,” kata Silangen.

Untuk itu, Silangen meminta agar seluruh masyarakat harus tetap patuh dan disiplin dalam menerapkan
protokol kesehatan Covid-19, menerapkan 4M yakni (Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, dan Menjauhi kerumunan).

Silangen berharap masyarakat senantiasa mendukung setiap kebijakan, program kerja dan agenda pemerintahan, sehingga bersama-sama memajukan Sulut demi kontribusi bagi terwujudnya Indonesia maju.

Diketahui, Pilkada Serentak tahun 2020 akan sangat berbeda dengan Pilkada-Pilkada sebelumnya, karena pelaksanaannya
di tengah pandemi Covid-19.

Nampak hadir dalam rangkaian kunker tersebut, Kapolda Sulut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak, Kajati Sulut Andi Iqbal Arief, Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh, Ketua Bawaslu Sulut Herwyn Malonda, Pjs Wali Kota Bitung Edison Humiang dan Pjs Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara. (*/Rizath)