Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Edukasi dan Religi

Gebrakan Olly Dondokambey, Sulut Hadirkan SMK Pariwisata

×

Gebrakan Olly Dondokambey, Sulut Hadirkan SMK Pariwisata

Sebarkan artikel ini

manadoterkini.com, SULUT – Gebrakan Olly Dondokambey sebagai Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), yang merintis Pembangunan Unit Sekolah Baru (USB) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Pariwisata Manado di Kayuwatu telah mencapai 80 persen pembangunannya.

Hal itu patut diacungi jempol, pasalnya kepiawaian Olly Dondokambey dalam lobi-lobi di pusat untuk pembangunan di daerah ini, sudah terbukti.

Sektor pariwisata salah satu sasaranya, sehingga pengembangan pariwisata di Sulut masuk super prioritas dari pemerintah pusat.

“Kita targetkan, selesai akhir tahun 2020. Sekolah Pariwisata ini untuk menunjang KEK Pariwisata yang ada di daerah ini,” kata Koordinator Ketua Tim Pendiri USB SMK Negeri Pariwisata Manado, Drs Weddy Onibala, Senin (30/11/2020).

Proyek pembangunan USB SMK Negeri Pariwisata tersebut berdandrol Rp 3.5 dianggarkan pada APBN tahun 2020 pada tahap pertama. Dan akan berkelanjutan pada tahap selanjutnya di tahun berikutnya berkisaran Rp 2,5 miliar untuk peralatan.

“Untuk anggaran fisik tahap awal ada sebesar 3.5 milliar nanti sisa sebesar 6 milliar. Diharapkan juga kedepan akan dibangun hotel, kolam berenang, asrama di lahan seluas 3.1 hektar sebagai sarana prasarana SMK dengan total anggaran sebesar 58 milliar,” tegas Onibala.

Untuk lokasinya kata Weddy Onibala terletak di lokasi Pameran Kayuwatu.

“Ini merupakan hasil lobi Gubernur Olly Dondokambey kepada pemerintah pusat melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI,” ucap Weddy Onibala.

Seperti diketahui, beberapa waktu yang lalu, Olly Dondokambey telah melakukan peletakan batu pertama proyek pembangunan USB SMK Pariwisata Manado.

Olly menegaskan bahwa pembangunan proyek harus cepat selesai sesuai dengan kontrak kerja 150 hari ke depan. (Rizath)