Program Unggulan FDW-PYR masuk APBD 2021

Dana Duka, Insentif Kepada Toga dan Lansia

kaawoanmanadoterkini.com, AMURANG – Meskipun belum dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Selatan (Minsel), namun program dari pasangan Franky Donny Wongkar SH dan Pdt Petra Yani Rembang (FDW-PYR) sudah dimasukkan dalam APBD 2021 Minsel.

Bahkan beberapa janji politik yang sudah direalisasikan dalam pembahasan APBD 2021 yakni, dana duka, insentif untuk warga lanjut usia (Lansia) dan insentif tokoh agama (Toga).

Masuknya program FDW-PYR di masa transisi pemerintahan, menunjukkan betapa kuatnya pengaruh politik Wakil Bupati Franky Donny Wongkar SH serta PDIP dan Perindo sebagai partai pengusung Bupati dan Wakil Bupati Minsel terpilih.

Hal tersebut disampaikan Sekdakab Minsel Denny Kaawoan SE MSi kepada sejumlah wartawan.

Menurut Dia, pembahasan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) oleh eksekutif dan legislatif, sudah menyertakan beberapa program dari FDW-PYR.

“Ya. Dalam KUA-PPAS 2021 ada alokasi anggaran untuk dana duka, insentif Lansia dan Toga. Soal nominal, nanti akan ditetapkan dalam APBD 2021,” ujarnya.

Dia menjelaskan bahwa, anggaran tersebut dimasukkan di dua SKPD, yakni Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) serta Dinas Sosial.

Dua SKPD inilah yang akan menjadi ujung tombak penyaluran dana duka, insentif lansia dan hamba Tuhan.

Sementara itu ditempat terpisah, Kepala Badan Kesbangpol Minsel Drs Benny Lumingkewas, ketika dikonfirmasi membenarkan hal tersebut.

“Ya benar untuk tahun 2021 mendatang bagi orang yang berduka, serta para Lansia dan Toga akan mendapatkan bantuan dari Pemda, hal ini dikarenakan untuk Dana duka, dan Insentif para Lansia serta insentif Toga sudah dianggarkan. Tinggal menunggu ditetapkan dalam Perda APBD oleh DPRD,” kata Lumingkewas.

Perjuangan untuk memasukkan sebagian program kerja dari FDW-PYR dalam APBD 2021, cukup berat. Sebab, untuk meloloskan program FDW-PYR di saat Kabupaten Minsel masih dipimpin Bupati Christiany Eugenia Paruntu (CEP), membutuhkan perjuangan dan strategi yang kuat.

Namun, kolaborasi Wakil Bupati Minsel, Franky Wongkar dan partai pengusung, PDIP serta Perindo, mampu berjuang mengisi program-program FDW-PYR dalam APBD 2021.(dav)

Anda mungkin juga berminat
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.