Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanManado

Uji Coba e-TLE, Polda Sulut gandeng C3 Pemkot Manado

×

Uji Coba e-TLE, Polda Sulut gandeng C3 Pemkot Manado

Sebarkan artikel ini
Kapustik
Kapustik C3 Pemkot Manado Franky Mocodompis

manadoterkini.com, MANADO – Uji coba e-TLE (Elektronic Traffic Law Enforcement) atau tilang elektronik dalam waktu dekat ini akan dilakukan Polda Sulawesi Utara (Sulut) dengan mengandeng Cerdas Command Center (C3) Pemkot Manado.

“Pemkot Manado dinilai Polda Sulut paling siap dilihat dari produksi jaringan, terutama jaringan untuk akses CCTV untuk uji coba tersebut,” ujar Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (Kapustik) C3 Franky Mocodompis.

Dimana sepanjang jalan Piere Tendean Boulevard, Manado hingg a Zero Point akan menjadi titik uji coba pada bulan Maret tahun 2021 ini.

“Namun dalam satu dua hari ke depan kami akan dilakukan uji coba internal sambil melihat infrastruktur di jalur tersebut. Nantinya apakah akan menggunakan 14 CCTV milik Pemkot, atau milik Polda Sulut, ini berkaitan dengan kemampuan CCTV dalam menangkap gambar,” terang Mocodompis.

manado
Wali Kota GSVL saat menerima kunjungan kerja Kejati Sulut di C3

Untuk menunjang program tilang elektronik tersebut, Pemkot Manado memiliki 16 titik CCTV yang telah dilengkapi dengan teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang dirancang untuk mengidentifikasi pola pergerakan. Itu terpasang di CCTV depan Mantos 3, dan kawasan Jalan Roda (Jarod).

“Nantinya teknologi itu akan dipakai d jalan dan setiap lampu merah, untuk merekam perilaku pengendara yang tak tertib dalam berlalu lintas. Seperti menerobos lampu merah, menginjak garis putih ataupun tidak menggunakan sabuk pengaman dan menelepon sambil berkendara,” kata Palaksana Tugas (Plt) Sekertaris Dinas Kominfo Manado ini.

“Tim yang yang terlimbat dalam uji coba ini Dinas Kominfo Manado, Dishub Manado, DLH Manado, Dishub Sulut, Bapeda Sulut, Balai Jalan, dan utamanya jajaran Polda Sulut dan Polresta Manado,” sambung mantan Kabag Humas Setda Kota Manado ini.

Sekadar informasi, Kapolri Listyo Sigit Prabowo telah mengeluarkan lim poin berkaitan dengan lalu lintas dan dua poin terkait langsung dengan pemanfaatan teknologi. Salah satunya yakni Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) yang merupakan implementasi teknologi untuk mencatat pelanggaran–pelanggaran lalu lintas secara elektronik. (*/ald)