101 Desa di Minahasa Bakal Gelar Pilhut

Jeffry Tangkulung SH MAPmanadoterkini.com, MINAHASA – Kabupaten Minahasa memiliki 270 desa dan kelurahan. Terbagi atas 43 kelurahan dan 227 desa. 101 desa diantaranya akan melaksanakan pemilihan Hukum Tua (Pilhut) ditahun 2021 ini.

Hal tersebut ditegaskan Bupati Minahasa Dr Ir Royke Roring melalui Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Jeffry Tangkulung SH MAP. Kepada wartawan dirinya mengatakan bahwa anggaran untuk melangsungkan Pilhut sudah tertata dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2021.

“101 desa yang akan melaksanakan Pilhut di tahun 2021 ini adalah desa-desa yang masa jabatan Hukum Tua (Kumtua) telah habis dan saat ini dipimpin oleh penjabat Kumtua,” ujar Tangkulung.

Lanjutnya, perhelatan Pilhut adalah ajang pesta demokrasi di tingkat desa. Karena itu, adalah hal yang wajar jika terdapat perbedaan dalam pilihan. Namun menurutnya, di era moderen saat ini, kedewasaan berdemokrasi dari masyarakat desa terus tumbuh seiring perkembangan zaman.

“Bagi yang akan mencalonkan diri, jika memenuhi persyaratan administratif, tentu bisa menjadi calon. Karena itu, pandai-pandailah merebut simpati masyarakat dengan hal-hal yang tidak melanggar peraturan perundang-jndangan,” jelasnya.

“Sebagai pemerintah, kami hanya memfasilitasi untuk melahirkan pemimpin di desa. Tapi untuk menentukan siapa pemimpin di desa adalah masyarakat di desa itu sendiri,” pungkas Tangkulung. (fis)

Anda mungkin juga berminat
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.