Tingkatkan Perekonomian Warga, Sumendap Tekan Angka Kemiskinan Kabupaten Mitra

mitramanadoterkini.com, MANADO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) dibawa kepemimpinan James Sumendap ditenggah serangan Covid-19, mampu keluar dari tingkat kemiskinan, sehinga meningkatkan perekonomian warga.

Di tengah meningkatkannya Angka Kemiskinan di sejumlah Kabupaten/Kota di Sulawesi Utara akibat Pendemi Covid-19, fenomena menarik terjadi di Kabupaten Minahasa Tenggara.

Kabupaten yang dipimipin oleh “Sang Gladiator” James Sumendap mencatat raihan positif dalam hal penanggulangan kemiskinan. Tercatat Angka Kemiskinan Kab.Mitra tahun 2020 turun 0,48% dari 12,78% menjadi 12,30%.

“Hal ini merupakan pencapaian yang luar biasa mengingat dalam masa pendemi tahun 2020, secara nasional Pertumbuhan Ekonomi mengalami penurunan yang tajam sampai mencapai angka minus. Dalam logika makro ekonomi, Angka Kemiskinan biasanya akan mengalami peningkatan akibat pendapatan yang rendah seiring dengan meningkatnya pengangguran krn lesunya ekonomi,” ungkap Ketua Persatuan Intelegensia Kristen Indonesia (PIKI) Mitra Novie Legi ST ME.

“Ketegasan Bupati dalam mengawal dan mengawasi penyaluran bantuan sosial yang digelontorkan oleh Pemerintah Pusat/Daerah membuat program penanggulangan dampak sosial dan ekonomi akibat Pendemi COVID-19 pada tahun 2020 berjalan dengan baik dan tidak disalahgunakan,” lanjutnya.

“Untuk tahun 2021, dengan adanya vaksinasi masal di seluruh Indonesia termasuk di kabupaten Mitra diharapkan Herd Immunity akan segera tercapai sehingga aktivitas masyarakat akan kembali normal dan roda perekonomian akan kembali berputar,” pungkasnya dan diaminkan oleh Sekretaris DPC PIKI Arce Kalalo, SH.

Sebelumnya dalam Musrenbang Perubahan RPJMD 2018-2023 tanggal 10 Maret 2021 yang lalu terungkap bahwa secara Nasional dan Regional, Pertumbuhan Ekonomi mengalami penurunan dan khusus Kabupaten Minahasa Tenggara Pertumbuhan Ekonomi turun dari 6,03 menjadi -0,64. Sedangkan Angka Pengangguran naik dari 13,18 menjadi 13,31, dan Angka Kemiskinan turun dari 12,78% menjadi 12,30%.(win)

Posting Terkait

Tinggalkan pesan