Konektivitas Penerbangan Manado-Toraja Peluang Kerjasama Pariwisata

Manado-Toraja

Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut berbincang dengan Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung

manadoterkini.com, MANADO – Tana Toraja dan Kota Manado, memiliki kemiripan dalam hal menjual potensi daerah masing-masing. Dimana sama-sama menjual Pariwisata sebagai salah satu produk unggulan.

Untuk itu, konektivitas penerbangan Manado-Toraja sangat terbuka, mengingat belum lama ini Presiden Joko Widodo meresmikan Bandara Toraja Airport yang sebelumnya bernama Bandara Buntu Kunik.

Gayung bersambut, ketika Wali Kota GS Vicky Lumentut, bersama FKUB dan BKSAUA melakukan studi komparatif di Tana Toraja, terkait kerukunan antar umat beragama, Senin (12/4/2021) Bupati Theofilus Allorerung, berharap adanya hubungan kerja sama di bidang pariwisata antara Kabupaten Tana Toraja dan Kota Manado.

Diakui Bupati Theofilus, Kabupaten Tana Toraja mirip seperti Kota Manado yang tidak memiliki SDA dan hanya mengandalkan pariwisata.

“Hanya 10 persen wilayah kami yang daratan dan sebagian besar itu hutan sehingga sangat sulit bagi kami mencari produk lain, laut juga tidak ada, untung sudah ada bandara yang diresmikan Presiden Jokowi belum lama ini. Jadi pariwisata memang harapan kami di sini,”kata Theofilus.

Bahkan saat peresmian Bandara Toraja Airport Bupati Theofilus telah meminta kepada Presiden Jokowi, agar dibuka penerbangan langsung dari Manado, Jakarta, Bali dan Sulawesi Tenggara.

“Kalau ada penerbangan langsung dari Manado, turis dari Manado bisa datang ke Tana Toraja, nah ini yang kami harapkan,”tutur Bupati Theofilus Allorerung.

baca juga : GSVL dampingi FKUB dan BKSAUA di Tana Toraja http://www.manadoterkini.com/2021/04/85851/gsvl-dampingi-fkub-dan-bksaua-di-tana-toraja/

Walikota GSVL pun menyambut baik rencana kerjasama tersebut dan akan meneruskan kepada Wali Kota Manado terpilih. “Periode saya sudah hampir berakhir. Jadi saya akan sampaikan hal ini ke Wali Kota Manado terpilih,” ujar GSVL.

Menurutnya, jika kerja sama itu terbentuk dan sudah ada penerbangan langsung dari Manado ke Toraja, kedua daerah bisa saling mempromosikan potensi pariwisata masing-masing.

“Jika ada turis datang ke Manado kita bisa promosikan Tana Toraja ke mereka, begitu juga sebaliknya. Jadi kita bisa maju dan berkembang bersama-sama,” kata mantan Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI).

Diketahui turut hadir dalam pertemuan tersebut, Wakil Bupati Tana Toraja dr. Zadrak Tombeg, Kejari Tana Toraja Jefri Makapedua, Sekda Tana Toraja Samuel Tande Bura, Ketua FKUB Renata Ticonuwu bersama rombongan serta sejumlah pejabat Pemkot Manado.

(*/aldi)

GS Vicky Lumentut GSVL tana toraja Wali Kota Manado

Posting Terkait

Tinggalkan pesan