Diskominfo Sulut Terus Kedepankan Etika Jurnalistik dan Keterbukaan Informasi

Diskominfo Sulut Terus Kedepankan Etika Jurnalistik dan Keterbukaan Informasi

sulutmanadoterkini.com, SULUT – Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Dkips/ik) Sulut, menggelar Media Gathering Layanan Hubungan Media yang berlangsung di Kompleks Wisata Rumah Alam, Kamis (25/06/2021).

Dalam Media Gathering tersebut Diskominfo/Dkips/ik yang dinahkodai Kepala Dinas Ch Talumepa menghadirkan dua Narasumber sebagai pemateri, yaitu Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulut Drs. Foke Lontaan dan Ketua Komisi Informasi Provinsi (KIP) Andre Mongdong.

Adapun dalam kesempatan ini Lontaan mengangkat Peran Pers Membangun Kemitraan Menjadikan Sulut Hebat karena Pers adalah Pilar ke 4 dalam Demokrasi Indonesia sebagai alat kontrol sosial.

“Sebagai alat kontrol sosial Pers tentunya mempunyai peran yang sangat penting, bahkan sangat berpengaruh terhadap arah pembangunan pemerintah, tanpa adanya pers maka apa yang dilakukan pemerintah itu tidak akan menyentuh pada masyarakat luas”, ujar Lontaan.

Menurut Lontaan apapun program yang telah dilakukan pemerintah kalau itu tidak diekspos oleh Pers tidak akan pernah diketahui masyarakat.

Namun Lontaan mengingatkan agar etika jurnalis terus dikedepankan dalam setiap pemberitaan.

Sementara itu Andre Mongdong, Ketua Komisi Informasi Provinsi (KIP) Sulawesi Utara, memaparkan materi soal UU Keterbukaan Informasi Publik di era digital.

“Proses ini melahirkan era baru, era keterbukaan yang dinikmati saat ini soal keterbukaan informasi publik”.

“Saat ini kita masuk revolusi digital, revolusi informasi. Revolusi Industri 4.0. Informasi cepat di tangan,” kata Andre.

Ia juga menegaskan bahwa Keberadaan Undang-undang tentang Keterbukaan Informasi Publik sangat penting sebagai landasan hukum yang berkaitan dengan hak setiap orang untuk memperoleh Informasi, kewajiban Badan Publik menyediakan dan melayani permintaan Informasi secara cepat, tepat.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo yang diwakili Kepala Bidang Komunikasi Dan Informasi Publik Ivonne Kawatu menegaskan pihaknya akan terus mengedepankan kemitraan dengan pers dengan memajukan etika jurnalistik dan keterbukaan informasi. (Rizath)

Anda mungkin juga berminat
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.