Senduk Dorong Partisipasi Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Pembangunan

Senduk Dorong Partisipasi Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Pembangunan

Caroll sendukmanadoterkini.com, TOMOHON – Peran masyarakat dalam menopang pembangunan dinilai sangat strategis. Untuk itu, Wali Kota Caroll Senduk SH mendorong supaya seantero masyarakat Tomohon untuk aktif berpartisipasi.

Hal tersebut diungkapkan Senduk dalam momentum Konsultasi Publik Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun Anggaran 2022 Kota Tomohon Selasa (13/07/2021) siang tadi yang dilaksanakan secara virtual.

“Partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah merupakan salah satu hal yang diamanatkan undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah pada pasal 354,” ujar Senduk.

“Konsultasi publik saat ini merupakan salah satu bentuk upaya Pemerintah Kota Tomohon dalam mendorong partisipasi masyarakat dalam hal penyusunan kebijakan daerah serta keterkaitan dengan penganggaran di daerah,” sambungnya.

Lanjutnya, dokumen KUA-PPAS ini akan diajukan ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) untuk dibahas dan memperoleh kesepakatan bersama. Kemudian dokumen KUA-PPAS yang berpedoman pada dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Tomohon tahun anggaran 2022, pada akhirnya akan menghasilkan APBD Kota Tomohon 2022.

“Dimana ini yang akan menjadi dasar bagi pemerintah daerah dalam pengelolaan keuangan daerah selama masa satu tahun anggaran di tahun 2022 nanti,” jelasnya.

Konsultasi Publik KUA-PPAS tahun anggaran 2022 Kota Tomohon ini dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan Covid-19. Sehingga kegiatan ini dilaksanakan secara virtual/video conference dan diikuti oleh kurang lebih 170 orang yang terdiri dari Walikota Tomohon, Pimpinan dan anggota DPRD Kota Tomohon, Tokoh-tokoh masyarakat K, Insan pers, Penjabat Sekretaris Daerah Kota Tomohon, Para Kepala Perangkat Daerah maupun Para Lurah se- Kota Tomohon.

Adapun yang memberikan materi pada konsultasi publik ini : Kepala BPKPD Kota Tomohon Drs Gerardus Mogi, MAP, Ketua DPRD Kota Tomohon Djemmy Sundah, dan Kepala Bidang Ekonomi Bappeda Provinsi Sulawesi Utara Ira Katuuk. (fzr)

Anda mungkin juga berminat
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.