Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanPemerintahanSport

Pemprov Sulut Sambut Program SBON Kemenpora RI

×

Pemprov Sulut Sambut Program SBON Kemenpora RI

Sebarkan artikel ini

Steven Kandouwmanadoterkini.com, SULUT – Sulawesi Utara (Sulut) menjadi salah satu tempat sosialisasi Perpres Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang digelar di Hotel Peninsula Manado, Rabu (24/11/21).

Sosialisasi yang dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali disambut Pemerintahan Provinsi Sulut karena menunjang ajang olahraga Sulut khususnya.

Menurut Amali tugas dari pemerintah daerah baik pemerintah provinsi maupun Pemerintah kabupaten kota tentang implementasi dari Desain Besar Olahraga Nasional, mencakup hulu yakni urusan kebugaran masyarakat sampai hilirnya adalah prestasi.

“Makanya jika olahraga kita belum terdesain dengan baik maka Presiden Joko Widodo memerintahkan kepada saya untuk mereview fakta tentang ekosistem pembinaan olahraga nasional, hasilnya yang ada sekarang, jadi yang mengawal ini adalah bapak Presiden Joko Widodo pada peringatan HUT Olahraga Nasional ke 37 tahun 2020 lalu, beliau perintahkan langsung.”

“Teman-teman tadi menyaksikan potongan dari arahan beliau, selalu saya tampilkan, untuk apa? untuk supaya orang tahu dari mana asalnya lahir Perpres 86 ini, darimana lahirnya DBON,” jelas Amali.

Sementara Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw ditempat yang sama mengatakan mendukung dan respon positif
kehadiran Perpres nomor 86 Tahun 2021 terlebih karena perpres DBON ini menjadi arah kebijakan dalam pembinaan dan pengembangan keolahragaan jangka panjang secara terintegrasi dan kolaboratif, untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam bidang keolahragaan.

“Pemerintah Daerah dan stakeholder olahraga di Provinsi Sulawesi Utara, yang pasti akan menjadikan perpres DBON sebagai pedoman, sebagai kompas, dalam melanjutkan dan memastikan pembangunan pada bidang keolahragaan di ‘Bumi Nyiur Melambai’ hingga dapat berjalan secara efektif, efisien, terukur, sistematis dan akuntabel,” ujar Kandouw.

Kandouw juga mengaku bangga, karena Sulut terpilih menjadi salah satu Provinsi dari 10 Provinsi yang ada dalam kegiatan sosialisasi ini.

“Mengatasnamakan Gubernur dan seluruh Atlet yang ada di Sulawesi Utara, mengucapkan Terimakasih kepada bapak Menpora Zainudin Amali atas kehadirannya, kiranya dengan adanya Desain Besar Olahraga Nasional ini, dapat memajukan olahraga dan prestasi di Bumi Nyiur Melambai,” tutur Kandouw.

Sulawesi Utara sendiri dianggap punya potensi baik untuk olahraga pendidikan, olahraga rekreasi olahraga prestasi maupun untuk industri olahraga wisata.

Jadi tidak heran kedepan akan ada kegiatan olahraga baik bersekala nasional maupun internasional yang akan dilaksanakan di Sulut yang sudah dirancang pihak Kemenpora. (Rizath)