Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Minahasa

Toni Pusung Ajak Warga Tateli Satu Jaga Kamtibmas

×

Toni Pusung Ajak Warga Tateli Satu Jaga Kamtibmas

Sebarkan artikel ini

minahasamanadoterkini.com, MINAHASA – Untuk menciptakan rasa aman dalam bsrmasyarakat, Hukum Tua Tateli Satu, Toni Pusung S.Pd mengajak warganya untuk sama-sama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Menurutnya, menjaga Kamtibmas bukan hanya kewajiban aparat penegak hukum, melainkan tugas semua elemen masyarakat.

“Kalau Kamtibmas terjaga dengan baik, kan yang merasakan dampaknya adalah masyarakat sendiri. Begitu juga sebaliknya jika Kamtibmas tidak kondusif, masyarakat juga yang rugi,” ujar Pusung.

Karena itu menurutnya, masyarakat harus ada rasa tanggungjawab terkait situasi Kamtibmas. Dalam artian masyarakat harus proaktif berkoordinasi dengan aparat pemerintah desa setempat bilamana ada potensi terjadinya gangguan Kamtibmas.

“Sebelum terjadi gangguan Kamtibmas, alangkah lebih baik lakukan pencegahan. Langkah itu lebih baik daripada akan menyelesaikan yang sudah terjadi,” jelasnya.

Terkait penindakan, Pusung memastikan akan selalu berkoordinasi dengan aparat penegak hukum. “Kalau ada situasi yang sudah tidak terkendali, masyarakat jangan coba-coba bertindak belebihan atau main hakim sendiri. Karena ada petugas dari kepolisian untuk situasi seperti itu,” tegasnya. (fzr)