Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Minahasa Tenggara

Disparbud Gelar Pelatihan Pemandu Wisata Selam

×

Disparbud Gelar Pelatihan Pemandu Wisata Selam

Sebarkan artikel ini

mitramanadoterkini.com, MITRA – Untuk Kesekian kali Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) lewat Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), memberikan pelatihan bagi Pemandu Wisata Selam dalam upaya pengembangan sektor pariwisata khusus wisata bahari.

Dengan menghadirkan Intruktur bertaraf Nasional, Reint Sangar, yang berkompeten dalam bidangnya, menurut kepala dinas Pariwisata kegiatan yang telah dilaksanakan berkali-kali ini bisa memberikan dampak positif dalam pengembangan dan promosi.

“Kami memberikan pelatihan bagi pemandu wisata, khususnya selam sebagai  penguatan sumber daya manusia untuk pengembangan potensi pariwisata,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Minahasa Tenggara Sartje Taogan di Gedung Bumdes desa Pangu, Senin (06-12-2021).

Kadis Pariwisata Menjelaskan, kekayaan wisata bahari menjadi salah satu potensi yang dimiliki Kabupaten Minahasa Tenggara, untuk itu maka pengembangannya  harus dibarengi dengan kesiapan dari sisi sumber daya manusia yang memadai.

“Pengembangan pariwisata selam dengan memberdayakan potensi masyarakat lokal sebagai pemandu. Ini harus kita siapkan dari awal melalui pelatihan,” jelasnya.

Ia berharap dengan pelatihan ini, akan menjadi bekal demi pengembangan diri warga dan secara umum mampu berkontribusi besar bagi daerah kabupaten Mitra di bidang pariwisata.

“Melalui pelatihan ini kiranya benar-benar menghasilkan pemandu wisata yang baik dan profesional. Bukan cuma mahir menyelam, namun secara keramahan dan pengetahuan luas terkait kearifan lokal,” katanya.

Ia juga memastikan jika program pengembangan kawasan pariwisata bahari menjadi salah satu prioritas.

“Kami punya spot-spot selam yang bagus. Tentu akan jauh lebih baik jika masyarakat kita juga diajari bagaimana bisa menjadi pemandu  yang baik disertai keahlian,” timpalnya.(win)