Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Tomohon

Wujudkan Pelayanan Prima, Tomohon Genjot Penerapan Smart City

×

Wujudkan Pelayanan Prima, Tomohon Genjot Penerapan Smart City

Sebarkan artikel ini

tomohonmanadoterkini.com, TOMOHON – Konsep smart city (Kota pintar) terus dikembangkan pemegang mapatu kepemimpinan di Kota Tomohon. Hal itu demi menopang dan mewujudkan pelayanan kepada masyarakat yang prima.

Mengawal proses transformasi Tomohon menuju kota pintar, Wali Kota Caroll Senduk SH menyambangi Telkom Living Lab Smart City Nusantara di Jakarta pada Senin (13/12/2021).

“Pelayanan prima kepada seantero masyarakat Tomohon harus berjalan selaras dengan perkembangan teknologi informasi. Menjadi kota digital yang di kemas dalam program kota pintar,” ungkap Senduk.

“Sebagai bukti keseriusan kami sebagai pemerintah, adalah kehadiran kami di tempat ini (Telkom Living Lab Smart City Nusantara,” sambungnya.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Caroll Senduk menjelaskan bahwa kehadiran ditempat itu, juga untuk melihat serta mendengarkan lebih rinci demo tentang layanan BigBox / BigOne sebagai platform Satu Data Indonesia.

“Saya berharap semoga implementasi platform di Kota Tomohon dapat mempercepat penerapan Smart City. Sehingga dapat menopang terwujudnya pelayanan publik yang prima dan berdaya saing,” jelasnya.

Sementara itu, Budi Agus Setiawan selaku CMO BigBox berterima kasih dan mengapresiasi Wali Kota Tomohon atas kerja sama yang baik selama ini dengan tetap setia menggunakan layanan Telkom.

“Semoga kedepan kerjasama dengan pemerintahan Kota Tomohon dapat kita tingkatkan,” ujar Setiawan.

Setiawan juga menjelaskan bahwa kegiatan ini dilandasi dengan menindaklanjuti :

– Peraturan Presiden No 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia,
– Kemendagri No. 18 Tahun 2020 Peraturan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah No 13 tahun 2019 Tentang Laporan dan Evauasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Terkait Penyusunan Data sektoral terkait menentukan cara mendapatkan data melalui staging dan integrasi data organisasi pemerintah daerah.

– Arahan dan Tantangan dari Menteri BUMN terkait Challange Program Satu Data Indonesia bahwa Telkom penting menjadi fondasi program satu data pemerintah. Telkom sudah memiliki program data center, national innovation, serta MoM Implementasi Satu Data antara PT. Telkom Indonesia, Tbk. dan Pemkot Tomohon.

Untuk diketahui, kunjungan Wali Kota Tomohon tersebut diterima langsung Budi Agus Setiawan selaku CMO BigBox, Reno Sundara sebagai Direktur Utama aplikasi Simple Desa, serta Account Manager Government Witel Sulut Malut PT Telkom indonesia Dumoli Budiman Simanjuntak. (fzr)