Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Minahasa Tenggara

Diskominfo Mitra Sabet Penghargaan Tertinggi di Sulut Evaluasi SPBE

×

Diskominfo Mitra Sabet Penghargaan Tertinggi di Sulut Evaluasi SPBE

Sebarkan artikel ini

mitramanadoterkini.com, MITRA – Kabupaten Minahasa Tenggara  (Mitra) Kembali mengukir prestasi  terbukti dalam  Penilaian Interviu yang tertuang dalam Keputusan Menteri PANRB Nomor 1503 Tahun 2021  tentang Hasil Evaluasi, Sistem Pemerintahan Berbasis Electronik (SPBE) pada K/L/Pemda Tahun 2021   Kabupaten Mitra mengungguli Kabupaten / Kota lainnya di Provinsi Sulawesi Utara.

Penilaian yang telah diselenggarakan sejak tanggal 23 Agustus – 7 September 2021  diikuti oleh 507 kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah. Para peserta dievaluasi oleh tim penilai eksternal yang beranggotakan 143 akademisi dari 25 perguruan tinggi.

“Tujuan Evaluasi SPBE ini adalah untuk mendapatkan gambaran secara umum tentang penerapan SPBE pada perangkat Daerah di Kabupaten Minahasa Tenggara serta memperluas jejaring dan pembinaan penerapan SPBE” Ungkap Kepala Bidang e-Government Susana Altimek, SH.

Sementara itu Kepala Seksi pengembangan aplikaai dan data, Diskominfo Mitra Marthen Solang, MTCNA, MTCRE, NCFT, Menjelaskan, Evaluasi SPBE ini merupakan proses penilaian terhadap pelaksanaan SPBE di Instansi Pemerintah untuk menghasilkan suatu nilai Indeks SPBE yang menggambarkan tingkat kematangan (maturity level) dari pelaksanaan SPBE di Instansi Pemerintah, ada 4 (empat ) domain penting dalam penerapan SPBE tersebut, yaitu Kebijakan Internal, Tata Kelola SPBE, Managemen SPBE dan Layanan SPBE serta ada 8 Aspek  dan 47 Indikator dalam penilaian.

“Upaya peningkatan penerapan SPBE tidak sekadar melakukan penilaian melainkan mendorong pengintegrasian dan keterpaduan dalam menerapkan SPBE yang kedepan akan  mendukung akselerasi percepatan penerapan SPBE yang berbasis Big Data yang mendukung penerapan Satu Data dan  artificial intelligence (kecerdasan buatan) “ jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan Marthen “pengoptimalan penerapan SPBE juga dilakukan dengan meningkatkan kesadaran dan komitmen antar perangkat Daerah dalam upaya  untuk  mengoptimalkan penerapan layanan administrasi pemerintahan berbasis elektronik dan layanan publik berbasis elektronik yang terintegrasi   di Kabupaten Minahasa Tenggara,” pungkasnya.(win)