Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pemerintahan

Kemendagri Tinjau Samsat Manado

×

Kemendagri Tinjau Samsat Manado

Sebarkan artikel ini

fatonimanadoterkini.com, SULUT – Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Agus Fatoni melakukan peninjauan di Samsat Manado Sulawesi Utara (Sulut) akhir pekan ini

Pada peninjauan itu, Agus Fatoni memberikan apresiasi terhadap inovasi Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) di Sulut.

“Peninjauan untuk memantau, monitor dan evaluasi pelayanan Samsat yang ada di Kota Manado,” kata Fatoni.

Peninjauan itu, mulai dari pelayanan Sistem Samsat di dalam ruangan, hingga area pelayanan Samsat Drive Thru.

Dalam peninjauan yang dilakukan, Fatoni juga memberikan apresiasi pelayanan pajak kendaraan di Samsat Manado.

“Samsat Manado sudah cukup bagus, sudah ada drive thru, waktu istirahat bergantian sehingga tidak ada jam yang kosong, ini bagus,” ujar Fatoni.

Selain itu, Fatoni juga mengingatkan Samsat Manado untuk meningkatkan pencapaian perolehan pajak karena akan berdampak terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Adapun rincian target perolehan pajak Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) tahun 2022 untuk Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) sebesar Rp. 389,573,892,397. Kemudian Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) Rp.300,724,821,266.

Sementara hingga 13 Juli 2022 perolehan pajak PKB telah tercapai sebesar Rp.  213,050,048,017 dan BBNKB Rp. 157,225,647,850.

“Kemudian akan ditetapkan kebijakan untuk mendorong peningkatan pendapatan daerah, sehingga bisa maksimal. Selain itu, yang tidak kalah pentingnya adalah peningkatan pelayanan, keduanya menjadi konsen kita, karena saling terkait, kita perlu lakukan dengan serius,” tegas Fatoni.

Dalam kesempatan itu, Fatoni juga mengapresiasi inovasi dan terobosan yang dilakukan Samsat dalam meningkatkan pendapatan dan pelayanan kepada wajib pajak.

Seperti, menyediakan pelayanan Samsat Malming, yaitu pelayanan Samsat setiap malam Minggu di Wilayah Bitung dan Kotamobagu dan Sambalados yaitu Samsat Baron wilayah Manado dan sekitarnya, serta Samsat Weekend, yaitu pelayanan Samsat setiap hari Sabtu di Wilayah Mantos dan Minut.

Inovasi yang lain adalah Samsat BSG, yaitu pelayanan Samsat yang dibuka di seluruh kantor cabang maupun cabang pembantu dan Kas Bank Sulut Gorontalo yang tersebar di Kabupaten/Kota.

Kemudian inovasi Pos Samsat yang meliputi pelayanan Samsat di seluruh Kantor Pos Indonesia yang tersebar di Kabupaten/Kota. Kemudian inovasi Sistem Lembayaran PKB melalui Atm, Teller, M-Banking Bank SulutGo dan Tokopedia.

Serta, akan dibuka Samsat Keliling Laut Khusus Wilayah Kepulauan.

“Samsat di Sulut banyak inovasi yang bagus, yang bisa ditiru oleh Samsat yang lain.”

“Samsat Manado menyediakan tiga jenis pelayanan, yaitu 10 Samsat Induk, 5 Samsat Pembantu dan 33 Samsat Unggulan yang meliputi Drive Thru, Corner, Outlet, Keliling, Mall Pelayanan, Gerai Bank Sulut Gorontalo hingga E-Samsat,” pungkas Fatoni. (*/Rizath)