Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Minahasa

Hukum Tua Minahasa ‘Curi’ Ilmu Pengelolaan Bumdes di Pemkab Malang

×

Hukum Tua Minahasa ‘Curi’ Ilmu Pengelolaan Bumdes di Pemkab Malang

Sebarkan artikel ini

minahasamanadoterkini.com, MINAHASA – Pemerintah Kabupaten Minahasa yang dipimpin Sekretaris Daerah Frits Muntu S.Sos, memboyong sejumlah Hukum Tua, melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, Rabu (10/8).

Agenda studi tiru kali ini dalam rangka optimalisasi Badan Usaha Milik Desa atau Bumdes.

Sekda Muntu datang bersama sejumlah Pejabat Eselon II, para Camat dan Hukum Tua dari sejumlah desa di Kabupaten Minahasa. Pertemuan berlangsung di Kantor Bupati Kabupaten Malang.

Sekda Muntu bersama rombongan disambut dengan baik oleh Sekda Kabupaten Malang, Dr. Wahyu Hidayat, MM.

“Terima kasih telah memilih Kabupaten Malang sebagai daerah tujuan studi tiru. Selain dapat belajar bersama, kami harap semoga kunjungan kerja ini akan mempererat silaturahmi antara Pemerintah Kabupaten Malang dan Pemerintah Kabupaten Minahasa,” ungkap Sekda Malang, Wahyu Hidayat yang kemudian memaparkan gambaran umum daerah serta potensi-potensi yang di Kabupaten Malang.

Sementara Sekda Frits Muntu S.Sos, dalam sambutannya mengapresiasi sambutan hangat Pemerintah Kabupaten Malang.

Dikatakannya, Pemkab Minahasa memilih Kabupaten Malang karena Bumdes di daerah ini memiliki unit-unit usaha yang telah teruji dan dapat stabil dibanding dengan sektor-sektor yang lainnya.

“Kabupaten Minahasa memiliki Bumdes di masing-masing desa, tapi harus kami akui sejauh ini banyak yang belum optimal. Makanya kami ingin mencontoh penerapan pengelolaan Bumdes, karena disini sudah maju,” ungkap Sekda Frits Muntu.

“Intinya kami ingin belajar bagaimana tata cara pengelolaan Bumdes sehingga bisa berkembang pesat dan maju, hingga menjadi andalan di Kabupaten Malang,” jelasnya.

Pertemuan kemudian berlanjut dalam sesi diskusi, dimana dijelaskan Kabupaten Malang ada sebanyak 345 Bumdes yang tersebar di 33 Kecamatan, dari 378 Desa dan 12 Kelurahan dengan berbagai jenis unit usaha.

Adapun pejabat eselon II yang turut mendampingi Sekda Frits Muntu dalam kunjungan kerja yakni Kepala Dinas PMD Minahasa Jeffry Tangkulung, Kepala Dinas Perhubungan Maya Kainde, Kepala Dinas Sosial dr. Maya Rambitan, dan Kasat PolPP Alex Mamesah. Kemudian hadir juga sejumlah Camat dan perwakilan Hukum Tua di Kabupaten Minahasa.(win)