Bendahara Umum PDIP Olly Dondokambey Calon Kuat Mengisi Kursi MenPAN-RB

sulutmanadoterkini.com, SULUT – Sosok Bendahara Umum (Bendum) PDIP yang kini sebagai Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, digadang-gadang sebagai calon kuat mengisi kursi MenPAN-RB mengantikan almarhum Tjahjo Kumolo.

Di tengah isu dirinya menguat sebagai kandidat MenPAN-RB, menggantikan Tjahjo Kumolo, OD sapaan familiar Penasehat Sinode GMIM ini dikabarkan berangkat ke Jakarta. Hanya saja keberangkatan beliau untuk mendampingi Ketua DPP PDIP Puan Maharani menemui Ketua Umum NasDem Surya Paloh.

“Besok (ke Jakarta) temenin Puan Maharani,” kata Olly, Minggu (21/8/2022).

Olly mengatakan datang ke Jakarta hanya untuk mendampingi Puan menemui Surya Paloh. Tidak ada arahan lain dari partai.

“Aku ditelepon cuma itu untuk dampingi Mbak Puan,” ujarnya.

Bukan hanya dia yang diminta dampingi Puan di pertemuan dengan Surya Paloh besok, tapi juga tokoh lain seperti Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto hingga Ketua Bapilu Bambang Wuryanto.

“Saya, Mbak Puan, Pak Sekjen. Nggak banyak ada 5-6 orang,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat, perna menyebutkan nama-nama kader yang mumpuni menjadi pengganti Tjahjo.

Nama-nama itu mulai Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey. Bahkan Djarot menyebut kedua nama itu berpeluang karena prestasinya memimpin daerah.

“Kita banyak stok, ada Pak Ganjar, ada Pak Olly, sebagai gubernur. Jadi kita banyak stok yang baik-baik, belum lagi kepala daerah kita yang di kabupaten/kota maupun provinsi dan sebagainya. Jadi stok kader di PDIP mencukupi, karena kita rutin sistematis berkelanjutan mengadakan sekolah partai dan kaderisasi yang salah satunya adalah ini,” kata Djarot di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (4/7) lalu dikutip dari detik.com

PDIP menyampaikan Megawati Soekarnoputri telah bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka. Dalam pertemuan itu, Megawati disebut menyerahkan nama MenPAN-RB pengganti almarhum Tjahjo Kumolo.

“Ya nama-nama kan Ibu Ketum (Megawati Soekarnoputri) sudah bertemu dengan Bapak Jokowi, sudah mengadakan dialog yang cukup panjang, nama-nama sudah disampaikan dan dalam dialog itu kan juga dibahas hal-hal yang lain,” kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto kepada wartawan di Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Minggu (21/8/2022).

Hasto menerangkan, Megawati memang telah menyerahkan nama-nama kader PDIP ke Jokowi. Namun, menurut Hasto, keputusan pengganti Tjahjo Kumolo tetap ada di tangan Jokowi.

“Ya nama-nama nanti Bapak Presiden Jokowi yang akan mengumumkan sesuai dengan kewenangan beliau, hak prerogatif beliau, tetapi nama-nama sudah disampaikan oleh Ibu Megawati Soekarnoputri, karena kita ini kan taat asas, ada nama-nama yang disampaikan dan kemudian Presiden Jokowi yang mengambil keputusan atas nama yang disampaikan,” ujarnya.(malz/det)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.