Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Edukasi dan Religi

Jurusan Teknik Mesin Politeknik Beri Bantuan Pelatihan ke Masyarakat

×

Jurusan Teknik Mesin Politeknik Beri Bantuan Pelatihan ke Masyarakat

Sebarkan artikel ini

sulutmanadoterkini.com, SULUT – Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Manado melakukan melakukan kegiatan Pelatihan Merancang Kegiatan dan Pembuatan Alat Permainan Edukatif Untuk Matematika Awal di Taman Kanak-kanak (TK) GMIM Hidup Baru Kelurahan Maesa Unima Tondano, yang merupakan Penerapan Iptek Pada Masyarakat (PIM) yang dilaksanakan pada hari Senin, 12 September 2022.

Ketua tim dalam kegiatan ini Meidy Kawulur, SSi., M.Si mengungkapkan, kegiatan pengabdian masyarakat masuk dalam tiga tugas pokok dosen yaitu, Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat.

Pengabdian yang dilakukan adalah yang bersentuhan langsung dengan masyarakat umum.

Meidy Kawulur menjelaskan kegiatan pengabdian Masyarakat tersebut dibiayai oleh Institusi Politeknik Negeri Manado melalui serangkaian proses seleksi dan bersyukur proposal Tim kami disetujui.

“Pendidikan pada masa usia dini merupakan wahana pendidikan yang sangat fundamental dalam memberikan kerangka dasar terbentuknya dan bekembangnya dasar-dasar pengetahuan, sikap dan ketrampilan pada anak. Keberhasilan proses Pendidikan pada masa tersebut menjadi dasar untuk proses Pendidikan selanjutnya,” ujar Kawulur.

Lanjut Meidy Kawulur, Tujuan pengabdian masyarakat ini untuk menjadikan anak-anak lebih aktif dalam memanipulasi alat dan media pembelajaran matematika serta dapat mendukung konsep matematika secara riil, juga membantu memudahkan guru-guru TK dalam melakukan pengajaran yang lebih praktis, menyenangkan dan tidak membosankan.

Meidy Kawulur menambahkan, dalam kegiatan PKM ini sudah diserahkan beberapa alat permainan Matematika untuk membantu pembelajaran Anak Usia Dini, dalam penyerahan alat ini disaksikan oleh salah satu pelayanan khusus yang peduli akan Pendidikan dari anak-anak yang ada di TK GMIM Hidup Baru Tondano, Ibu Penatua Ivone Kawulur, beliau mengatakan bahwa Pendidikan harus di mulai dari anak usia Dini yang sebagai merupakan regenerasi untuk membangun bangsa yang berpendidikan dan berkarakter.

Sementara itu, Pimpinan TK. GMIM Hidup Baru Tondano Dianne Mewengkang, S.Pd dan atas nama BPMJ GMIM Hidup Baru Maesa Tondano yang diwakili oleh ibu Ivonne Kawulur sangat berterima kasih kepada Politeknik Negeri Manado Jurusan Teknik Mesin yang sudah membantu memberikan Alat-alat permainan Matematika untuk proses pembelajaran anak usia dini, memang permainan ini sangat dibutuhkan sehubungan dengan minimnya lalat permainan indoor yang ada di TK GMIM Hidup Baru Tondano. (*/Rizath)