Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Ekonomi dan BisnisPemerintahan

Olly Apresiasi Sinergitas Pemerintah Dalam Pengendalian Inflasi, Optimis Pertumbuhan Ekonomi Sulut Capai 6%

×

Olly Apresiasi Sinergitas Pemerintah Dalam Pengendalian Inflasi, Optimis Pertumbuhan Ekonomi Sulut Capai 6%

Sebarkan artikel ini

sulutmanadoterkini.com, SULUT – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mengungkapkan, pencanangan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) merupakan salah satu bentuk komitmen bersama dalam upaya menjaga kestabilan inflasi komoditas pangan sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi 2022.

“Presiden mengarahkan, perlunya mengedepankan sinergi dan komitmen bersama antara Tim Pengendalian Inflasi Pusat dan Daerah (TPIP dan TPID) dalam pengendalian inflasi serta memperkuat koordinasi antara pusat dan daerah,” terangnya.

Menurutnya, hal ini mencermati peningkatan resiko inflasi di tengah pemulihan ekonomi yang sedang berlangsung di setiap daerah, yang dampak tentu mengarah kepada peningkatan kemiskinan.

Penyampaian Gubernur Sulut Olly Dondokambey itu disampaikan saat menghadiri GNPIP Sulawesi, Maluku dan Papua ( Sulampua) Tahun 2022 yang digelar Bank Indonesia (BI) di Hotel Sintesa Peninsula Manado, Senin (3/10/2022).

Dalam sambutannya, Olly Dondokambey juga menyampaikan apresiasi kepada BI yang telah memilih Sulawesi Utara, khususnya Kota Manado sebagai tuan rumah penyelenggaraan GNPIP Sulampua tahun ini.

“Ini menjadi sesuatu yang baik sehingga kita sangat berterima kasih karena dampaknya, dan banyak juga orang yang datang ke Sulut sehingga ekonomi juga berkembang dengan baik,” ujar Gubernur.

Selanjutnya ia menjelaskan, dalam rangka menjaga inflasi, perlu dipahami dengan baik bahwa Wilayah Timur Indonesia memang perlu diberi perhatian khusus, mengingat kendala transportasi dan akomodasi yang terjadi selama ini.

“Tapi puji syukur karena Pak Presiden dalam rangka membangun Indonesia dari Sabang sampai Merauke, sudah mulai dari Timur ke Barat. Kalau dulu selalu (dari) Sabang sampai Merauke, sekarang sudah dari Timur ke Barat,” kata Gubernur.

“Sudah mengikuti alam, matahari terbit dari Timur ke Barat, jadi pembangunan pasti akan berjalan dengan baik,” ujarnya.

Olly juga bersyukur dimana inflasi di sejumlah negara-negara besar saat ini sudah hampir 10%, namun di Indonesia rata-rata masih 4%, sementara Sulut belum sampai 4% inflasinya.

Olly Dondokambey menuturkan, capaian tersebut tidak lepas dari sinergitas yang dibangun oleh Pemerintah Provinsi Sulut dan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Sulut, lewat kerja bersama dan sikap gotong-royong, yang di Sulut dikenal dengan istilah Mapalus.

“Jadi Mapalus itu bekerja bersama-sama. Tentunya ini merupakan dukungan dari semua pihak, mulai dari Forkopimda, aparat TNI-Polri, FKUB, hingga perbankan, sehingga setiap bantuan-bantuan terkait program pengendalian inflasi bisa berjalan dengan baik”.

“Untuk itu, Saya yakin pertumbuhan ekonomi kita di akhir tahun ini bisa mencapai angka 6%. Tanda-tandanya bisa kita lihat, saat sektor pariwisata drop dihantam pandemi Covid-19, kita masih bertahan di 5,93%. Mulai Agustus sampai akhir September pariwisata kita mulai pulih, sehingga Saya yakin angka 6% bisa dicapai,” tegas Olly.

Usai sambutannya, Olly Dondokambey kemudian melakukan launching Pasar Bersehati Digital bersama Direktur BI Aida Budiman, dengan disaksikan jajaran Forkopimda Sulut, para Bupati/Wali kota se-Sulut, Kepala Perwakilan BI Sulut, serta stakeholder terkait. (*/Rizath)