Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanPolitik

Hikam Hulwanullah Cetak Sejarah, Gen Z masuk Panwaslu Luar Negeri

×

Hikam Hulwanullah Cetak Sejarah, Gen Z masuk Panwaslu Luar Negeri

Sebarkan artikel ini

Hikam Hulwanullah manadoterkini.com, JAKARTA –
Memasuki masa pemilihan umum, KPU dan Banwaslu Republik Indonesia merekrut puluhan Panita dan Pengawas Pemilu di Luar Negeri.

Perekrutan dilakukan sangat ketat dan sistematis dengan memperhatikan berbagai aspek, tingkatan seleksinya pun begitu kompleks, dimulai dari tahap administrasi hingga wawancara bersama panitia penyeleksi perwakilan KPU dan Bawaslu RI di Luar Negeri, bekerjasama dengan Kementerian Luar Negeri dan Para Duta Besar Republik Indonesia.

Selain itu, anggota Pengawas Pemilu biasanya diisi oleh tokoh-tokoh masyarakat yang sepuh dan memiliki pengaruh dalam sebuah kelompok tertentu untuk menjaga stabilitas dan ketenangan ditengah masa pemilu.

Uniknya, dari 20 Pendaftar anggota Panwaslu di Melbourne, Australia, Hikam Hulwanullah menjadi satu-satunya Gen Z yang berhasil masuk menjadi 3 orang anggota Pengawas Pemilu Luar Negeri terpilih yang ditetapkan oleh Bawaslu RI pada tanggal 23 Februari 2023 melalui Surat Pengumuman Anggota Panwaslu Luar Negeri Periode 2023-2024 nomor 176/KP.01.00/K1/02/2023.

Hikam Hulwanullah sendiri merupakan Mahasiswa Program Master of Law di University of Melbourne, dia mengambil konsentrasi pada Constitutional and Administrative Law. Sebelumnya, Hikam dikenal sebagai seorang influencer hukum di media sosial yang aktif memberikan opini dan pendapat hukum tentang kebijakan-kebijakan pemerintah, toleransi keberagamaan, serta isu-isu hukum nasional.

Dia pernah menjadi sorotan ketika merespon tanggapan Pauline Hansone, senator Australia, yang melecehkan Bali melalui pernyataannya di rapat Senat Australia.

Pumuda berusia 25 tahun ini lahir di kota Bitung, Sulawesi Utara. Dia terlahir dari keturunan Pesantren di Jawa dan budaya daerah di Minahasa. Sejak kecil, Hikam terdidik di tengah kemajemukan dan toleransi umat beragama yang tinggi, dari jalur Ibu, Hikam adalah keturunan percampuran Toreh (Minahasa) dan Tadashi Yamada (Jepang). Sedangkan dari jalur Bapak, Hikam adalah keturunan K.H. Mustaqim dari keluarga pondok pesantren.

Selain tergabung menjadi bagian dari anggota Panwaslu RI, Asisten Dosen Hukum Tata Negara ini juga didapuk menjadi Kepala Departemen Konstitusi Bagian Hukum PPI Dunia dan Student Representative LPDP Melbourne Law School. Keterlibatan Hikam di dalam anggota Panwaslu menjadi gambaran peran anak muda khususnya Generasi Z yang mulai memasuki peran-peran strategis di dalam sistem pemerintahan. (*/malz)