Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pemerintahan

Ingin Jadi Daerah Wisata, Olly Ajak Masyarakat Cintai Budaya Bersih Seperti Jepang

×

Ingin Jadi Daerah Wisata, Olly Ajak Masyarakat Cintai Budaya Bersih Seperti Jepang

Sebarkan artikel ini

jepangmanadoterkini.com, JEPANG – Siapa yang tidak mengenal budaya bersih masyarakat Jepang, ingat saat Tim Nasional Jepang melakukan pertandingan piala dunia lalu, usai pertandingan berbagai sampah yang dibuang penonton langsung dibersihkan oleh fans Jepang, bahkan meski itu bukan sampah mereka.

Budaya cinta bersih itu pula yang diharapkan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey kepada masyarakat Nyiur Melambai agar Sulut bisa menjadi daerah wisata hebat.

Olly sadari bahwa meski daerahnya bersih, tanpa bangunan yang indah pun akan terlihat indah bila lingkungannya bersih.

“Karena kita tahu Jepang ini merupakan salah satu negara terbersih di dunia. Jadi ini menjadi contoh bagi kita,” tutur Olly Dondokambey kepada kepala daerah di Sulut yang mengunjungi salah satu tempat wisata di Narita Jepang, Kamis (2/3/2023) bersama rombongan Forkopimda.

Menurut Olly, kalau kita berkunjung ke mana-mana di Jepang, kita melihat tong-tong sampahnya itu kurang.

“Artinya sampah-sampah yang dihasilkan pribadi mereka bawah pulang ke rumah dan di taruh di tempat sampah di rumah,” sambung Gubernur Sulut ini.

Lanjutnya Olly, dengan begitu akan bermanfaat bagi kita, ketika Sulawesi Utara khususnya Kota Manado menjadi sebagai pusat pariwisata.

Karena itu, untuk meningkatkan kunjungan wisatawan Olly mengajak pelaku wisata yang bersama-sama datang ke Jepang untuk ikut pertemuan dengan pelaku pariwisata dari Jepang.

“Agar bisa mendapat masukan dari mereka. Ketika turis Jepang berkunjung ke Sulut hobi apa mereka inginkan, apa kesukaan mereka, supaya pemerintah bisa mempersiapkan destinasi wisata di Sulut yang cocok dengan budaya kebersihan yang ada di Jepang,” pungkasnya. (*/Rizath)