Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanMinahasa Utara

Banjir Bandang di Desa Klabat Kecamatan Dimembe, Bupati Joune Ganda Langsung Turun Lokasi

×

Banjir Bandang di Desa Klabat Kecamatan Dimembe, Bupati Joune Ganda Langsung Turun Lokasi

Sebarkan artikel ini
minut
Terima informasi, Bupati JG langsung turun lokasi temui warga Klabat yang tertimpa bencana banjir dan longsor. (ist)

manadoterkini.com, MINUT – Curah hujan tinggi selama 2 jam yang terjadi di Desa Klabat, Kecamatan Dimembe, Kabupaten Minahasa Utara, menyebabkan bencana banjir bandang dan tanah longsor, sekitar pukul 13.00 wita, Sabtu (18/03/2023).

Bupati Minut Joune Ganda, turun langsung memantau kondisi lokasi dan menemui warga Desa Klabat terdampak bencana.

“Setelah mendapatkan informasi tentang kejadian ini, segera meninjau lokasi,” ujar Bupati JG yang turut didampingi Kadis PUPR Noldy Kilapong.

Dinas terkait bersama warga dibantu aparat TNI gerak cepat membersihkan puing-puing banjir yang menutup akses jalan Klabat menuju Kota Bitung, termasuk rumah warga yang terdampak banjir.

“Kami telah berkoordinasi dengan pemerintah provinsi untuk membuka akses jalan karena jalan ini merupakan jalan provinsi yang mengakses desa Klabat ke Kota Bitung,” kata Bupati yang selalu dekat dengan rakyat.

Selain membersihkan puing-puing banjir Pemkab Minut memberikan bantuan beras, makanan siap saji serta pelayanan kesehatan.

Lanjut Bupati, curuh hujan tinggi di sekitar gunung Klabat kemudian datanglah seperti banjir bandang beserta batu, dan kayu-kayu yang kemudian tumpah ruah ke desa sampai kena rumah warga.

“Masyarakat tetap waspada, seraya berdoa dan juga berusaha untuk bisa terhindar dari bencana,” tutup Bupati.

Berdasarkan data dari BPBD Minahasa Utara terdapat sekitar 5 rumah warga yang tergenang lumpur dan puing-puing banjir sehingga mengalami kerusakan sedang dan 4 rumah warga mengalami rusak ringan. Beruntung dalam peristiwa tersebut, tidak ada korban jiwa.

(***/aldi)