Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Manado

Ci Una Bantah Ada Isu Penyelundupan Rokok Ilegal ke Filipina

×

Ci Una Bantah Ada Isu Penyelundupan Rokok Ilegal ke Filipina

Sebarkan artikel ini

sulutmanadoterkini.com, SULUT – Pemilik Kapal Motor Pejuang Devisa Sitti Maimuna Bin Taher atau yang lebih akrab disapa Ci Una sempat diberondong isu penyelundupan rokok ilegal ke Filipina.

Isu ini makin liar pasca pemeriksaan kapal dan ABK di perairan Filipina pada 9 Mei 2023 lalu. Bahkan, intansi Bea Cukai Manado ikut terseret dalam tudingan itu.

Dihubungi sejumlah awak media pada Rabu (14/6/2023), Ci Una menjelaskan perihal legalitas ekspor, kapal dan pekerja. Menurut Ci Una, situasi pada 9 Mei itu bukan kapal dan pekerja ditahan.

“Saat itu dokumen diperiksa, juga para pekerja di kapal juga diperiksa. Jadi bukan ditahan,” ungkap Ci Una.

Mengenai pemeriksaan yang dilaksanakan petugas Filipina, menurut Ci Una adalah hal yang wajar dan normatif.

“Kami sudah puluhan tahun mengalami itu. Namanya masuk perairan atau negara orang, semua diperiksa. Baik dokumen, barang ekspor maupun manusia yang ada di kapal,” jelas Ci Una.

Bahkan kata Ci Una, dalam bongkar muat barang selalu dijaga ketat oleh petugas, baik dari petugas di Bea Cukai maupun petugas dari Polairud, TNI AL dan petugas lainnya.

Investor Sangihe ini mengatakan, dua pekerja yang diberitakan ditahan tidak benar. Dua WNI itu hanya diperiksa kemudian dikembalikan ke kapal.

“Hanya saja kapal sempat tertahan empat hari karena cuaca. Bukan karena masalah. Sampai sekarang dua pekerja kami beraktifitas seperti biasa,” tutur Ci Una.

Lanjut, pengusaha yang menyerap ratusan tenaga kerja ini bersyukur bahwa puluhan tahun menjalankan aktivitas perdagangan ke Filipina, bisnisnya tidak sama sekali bersentuhan dengan barang-barang terlarang atau ilegal.

“Semua berjalan normal, sesuai aturan di negara kita dan negara Filipina. Jadi isu penyelundupan itu sebenarnya membuat bingung. Apanya yang diselundupkan? Produk yang diekspor pun sudah melewati proses pemeriksaan yang ketat,” jelas Ci Una.

Terpisah, Leo, petuas Bea Cukai Manado menepis isu penyelundupan rokok ilegal.

“Semua dokumen ekspor itu kan lengkap. Terverifikasi dari pabriknya di Malang, lalu Surabaya, kemudian Bitung, masuk Manado, lantas ke Sangihe. Itu semua diperiksa. Nah ilegalnya apa? Di mana?,” urai Leo yang mengaku kaget dengan isu penyelundupan itu. (*/Rizath)