Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanPemerintahan

Gelar Medical Expo and Health Tourism, RS di Sulut Bakal Berstandar Internasional

×

Gelar Medical Expo and Health Tourism, RS di Sulut Bakal Berstandar Internasional

Sebarkan artikel ini

sulutmanadoterkini.com, SULUT – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara akan menggelar Medical Expo and Health Tourism 2023 di Manado pada tanggal 4-6 Agustus 2023.

Iven ini merupakan salah satu kegiatan menunjang Sulawesi Utara sebagai destinasi pariwisata.

Staf Khusus Gubernur Bidang Pariwisata, Dino Gobel bersama Kepala Dinas Kominfo, Steven Liow, ketua panitia kegiatan Yola Langelo dalam jumpa pers di Ruang Diskominfo Sulut, Jumat (28/7/2023) mengatakan bahwa Iven ini menghadirkan peserta dari unsur kesehatan di Sulut dan Gorontalo serta bakal menghadirkan Dr Terawan.

Kegiatan yang secara swadaya dimotori ketua pantia (Yola Langelo) itu pun menurut Gobel juga mendukung program dari Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK) yang juga sejalan dengan apa yang digaungkan Presiden Joko Widodo dalam menggairahkan kembali dunia pariwisata dan investasi termasuk di Sulut.

Dimana sejak tahun 2021 dalam masa pandemi pun sudah pernah dicanangkan terkait dengan program kesehatan pariwisata.

“Ini merupakan langkah maju di dunia pariwisata di Provinsi Sulawesi Utara. Di Sulut sendiri telah dibangun 10 Rumah Sakit (RS) termasuk swasta terkemuka yang berteknologi dan fasilitas tak kalah baiknya, juga ada RS daerah termasuk RS ODSK, RS Mata dan lain-lain.

“Fasilitas wisata kesehatan ini bisa menjadi menjadi tujuan dari OD-SK, dimana para turis, juga pejabat serta masyarakat dapat juga melakukan checkup. Dimana dalam menunggu hasil checkup itu bisa dimanfaatkan fasilitas dari agen travel, ini juga oleh Dinas Pariwisata berusaha mengakreditasi tempat penginapan yang ada disekitar RS seperti contohnya, RS Kandou yang bekerjasama RS ODSK, kalau dekat dengan pelabuhan ada RS Siloam,” jelas Gobel.

Gobel juga menambahkan bahwa, nantinya peserta kegiatan akan melibatkan dari pihak pengelola hotel/resort serta RS di Wilayah Indonesia Timur.

Disampaikan Ketua Panitia Yola bahwa, kegiatan itu juga akan dilaksanakan di Mantos dengan bentuk kegiatan yang se-spektakuler mungkin.

“Akan ada talkshow melalui masing-masing narasumber baik dari pihak kesehatan maupun asuransi sehingga iven ini akan lebih bermanfaat dan menyentuh masyarakat seperti yang diharapkan sebaik mungkin,” terangnya

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Daerah Evans Steven Liow, MM mengungkapkan bahwa, adanya layanan yang terintegrasi pelayanannya dan menyentuh langsung kepada wisatawan masyarakat.

“Jadi layanan online lebih diutamakan sehingga tidak ada lagi keterlambatan dalam pelayanan kepada masyarakat, terlebih bagi turis yang masuk Sulut, sehingga layanan dalam klinik puskesmas itu memakai Sistem Informasi Klinik RS agar data pasien walaupun dari pasien turis yang sakit, datanya dari negara asal bisa diketahui sehingga membantu penanganan kesehatan dengan cepat,” tandas Liow. (*/Rizath)