Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanMinahasaSport

Pejabat Peraih Medali Emas di Pornas Korpri 2023 Jadi Penjabat Bupati Minahasa

×

Pejabat Peraih Medali Emas di Pornas Korpri 2023 Jadi Penjabat Bupati Minahasa

Sebarkan artikel ini

Jimmy kumendongmanadoterkini.com, SULUT – Senin (25/9/2023) Gubernur Sulut Olly Dondokambey melantik lima orang Penjabat Kepala Daerah di Sulut sesuai SK Mendagri.

Salah satu pejabat eselon dua di Pejabat Pemprov Sulut ini ternyata pernah membawa medali emas untuk Pemprov Sulut di ajang Pornas Korpri.

Sosok itu adalah Penjabat Bupati Minahasa, Dr Jemmy Stani Kumendong, adalah birokrat handal yang kini menjabat Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulut.

Sosok Jemmy Kumendong yang adalah suami tercinta dari Djeneke Onibala, SH, MSA diangkat Penjabat Bupati Minahasa bukan sekedar sebagai peraih medali emas saja, namun pejabat ini adalah salah satu pejabat sarat prestasi.

Jemmy Kumendong memulai karier sebagai PNS dan pertama kali dipercayakan menjabat Kasubag Tata Usaha, selanjutnya Kasubag Umum dan Kasubag Kebudayaan.

Setelah itu dipromosi sebagai Kabag Hubungan Pemerintah dan Masyarakat (Humas) Sekretariat Daerah Provinsi Sulut yang pada waktu itu dipercayakan Gubernur SH Sarundajang.

Selanjutnya diangkat sebagai Kepala Biro Sumber Daya Alam (SDA) Setdaprov Sulut. Kemudian menjabat Kepala Biro Pemerintahan dan Otda Setdaprov Sulut.

Setelah itu putra asli Kakas ini kembali dipromosi menjadi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Sulut. Terakhir dirinya kemudian dipercaya Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw (OD-SK) menjabat Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulut hingga saat ini.

Dalam menjalani masa pendidikan tinggi selepas SMA Negeri Kakas, ayah tercinta dari Andrew, Anggito dan Jeremia ini memulai pada D-III APDN, S-1 Administrasi Manajemen STIA Lan RI Jakarta, S-2 Pasca Sarjana Universitas Gadjah Mada dan S-3 Ilmu Administrasi Publik Universitas Brawijaya Malang.

Menarik disimak, saat mengambil S-3, Kumendong yang kala itu sempat diperhadapkan dengan pilihan karir jabatan, namun pejabat yang dikenal luas memiliki sifat pendiam dan cerdas ini menjatuhkan pilihan untuk mengambil kesempatan menempuh pendidikan S-3 hingga berhasil menyandang gelar Doktor.

Sesuatu yang langka di kalangan PNS kala itu, sekitar tahun 2010 PNS bergelar Doktor di lingkup Pemprov Sulut bisa dihitung dengan jari.

Saat mengemban tugas sebagai pejabat, Kumendong acap kali berhasil melaksanakan dengan baik dan penuh tanggung jawab.

Riwayat Pendidikan dan Pelatihan Wajib PNS semua telah dilewati. Mulai dari ADUM tahun 1999, Diklat PIM tingkat III tahun 2006, Diklat PIM tingkat II tahun 2018.

Nah, saat mengikuti Diklat PIM II tersebut, Kumendong mengharumkan nama Sulawesi Utara dengan meraih prestasi Juara 1 alias terbaik dari puluhan peserta perwakilan seluruh Provinsi di Indonesia.

Hebat!! Setelah itu dirinya mengikuti pendidikan tertinggi Lemhanas tahun 2020 dan menyelesaikan dengan sangat baik.

Dalam kesehariannya Penatua Dr Jemmy Stani Kumendong juga dikenal sebagai Pelayan Khusus di Jemaat GMIM Smirna Malalayang.

Selain itu hobi berolahraga melekat pada sosok Kumendong yang merupakan atlit senior tenis meja dan saat ini dipercaya menjabat Ketua Harian PTMSI Sulut.

Dirinya kembali mengharumkan nama Sulawesi Utara di ajang Pekan Olahraga Nasional (Pornas) Korpri Semarang tahun 2023. Tampil dinomor ganda putra bersama pasangannya, Kumendong sukses mempersembahkan medali Emas bagi kontingen Sulawesi Utara.

Sesuatu yang sangat membanggakan bagi ASN, pemerintah dan masyarakat Sulut. Begitu juga untuk prestasi di tingkat Sulut, banyak prestasi yang diraih, terakhir menyabet dua gelar bergengsi nomor tunggal dan ganda Piala Gubernur dan Wagub bertajuk ODSK Cup 2023.

Terkini, Dr Jemmy Stani Kumendong, dipercaya dan diusulkan Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk mendapatkan persetujuan menduduki jabatan Penjabat Bupati Minahasa menggantikan Roy O. Roring (ROR) yang akan habis masa jabatannya pada hari ini tanggal 25 September 2023. (*/Rizath)