Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pemerintahan

Olly Dondokambey Pimpin Rapat EPRA di Atas Kapal

×

Olly Dondokambey Pimpin Rapat EPRA di Atas Kapal

Sebarkan artikel ini

sulutmanadoterkini.com, SULUT – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey Pelaksanaan Rapat Pimpinan (Rapim) Evaluasi Pengawasan Realisasi Anggaran (EPRA) APBD serta APBN Tahun Anggaran (TA) 2023 di Perangkat Daerah Provinsi Sulut.

Menariknya pelaksanaan rapat ini digelar diatas Kapal Nirmala Bahari I, Kamis (5/10/23).

Meski begitu, Rapim yang dihadiri Wakil Gubernur (Wagub) Steven Kandouw, Sekprov Sulut Steven Kepel dan seluruh Kepala-kepala SKPD dilingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut ini tak mengurangi substansi dari Pelaksanaan Rapim tersebut.

Dalam rapat tersebut Gubernur Olly Dondokambey menjelaskan bahwa memasuki akhir Tahun Anggaran (TA) 2023, tentunya harus dievaluasi realisasi anggaran Pemprov Sulut Tahun 2023, apa sudah terpenuhi, karena Pemprov Sulut mau menuntaskan Penyusunan APBD TA 2024.

“Berapa banyak di Tahun 2023 sudah terealisasi, Silpanya berapa, biar nanti kita bahas di KUA PPAS 2024,” ungkap Gubernur Olly.

Sementara itu, Sekprov Sulut, Steven Kepel mengungkapkan, untuk APBD-P Tahun 2023 ini, seluruh SKPD dilingkup Pemprov Sulut sudah harus diproses.

“Minggu ini adalah minggu terakhir sudah harus memproses APBD-P. Karena minggu depan kita sudah harus membahas APBD induk 2024,” tegas Kepel.

Kepel mengungkapkan, alokasi anggaran yang ditetap di masing-masing SKPD sudah ada.

“Pagu dari masing-masing SKPD sudah ada. Tentunya akan berubah setelah dana transfer teralokasi. Dana transfer sudah ada alokasinya berdasarkan SKPD,” ungkapnya.

Kesempatan itu juga, Sekprov Kepel menegaskan kepada SKPD yang penyerapan anggarannya belum mencapai target, agar segera mempercepat penyerapan Anggaran.

“Nah ini, biasanya dana transfer minim pencairan, kalau dana DAU biasanya sudah. Saya minta ini dipercepat. Jangan lagi keluar daerah, fokus dulu di penyelesaian dari pekerjaan dana transfer ini,” tegasnya.

Diketahui, Rapim EPRA diselenggarakan oleh Biro Administrasi Pembangunan Setda Provinsi Sulut bertujuan untuk mengevaluasi realisasi APBD dan APBN yang dikelola oleh perangkat daerah serta untuk memacu percepatan pembangunan sesuai target guna pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan rakyat Sulut. (*/Rizath)