Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pemerintahan

Gubernur Olly Dondokambey Canangkan Stop Boros Pangan

×

Gubernur Olly Dondokambey Canangkan Stop Boros Pangan

Sebarkan artikel ini

manadotermini.com, SULUT – Gubernur Provinsi Sulut Prof DR (Hc) Olly Dondokambey mencanangkan stop boros pangan.

Pencanangan dilakukan di sela-sela kegiatan Jambore Kader PKK Provinsi Sulut Tahun 2023, di Aula Mapalus Kantor Gubernur Provinsi Sulut, Kamis (23/11/2023).

Gubernur Olly mengatakan, atas nama pemerintah Provinsi Sulut mengucapkan selamat kepada kader PKK dari kabupaten/kota yang telah berinisiasi melaksanakan kegiatan Jambore Kader PKK dan pencanangan stop boros pangan.

“Stop boros pangan dapat dilakukan secara bersama-sama. Kami berharap kader PKK menjadi pelopor gerakan hemat pangan. Ini juga menjadi momentum untuk mengajak masyarakat,” ungkap Olly.

Menurut Gubernur, ibu-ibu lebih tau urusan rumah tangga. Karena manfaatnya sangat terasa sekali kalau kita lakukan penghematan pemborosan pangan.

“Kita bisa lihat kalau kita makan masih ada sisa banyak, masak terlalu banyak sehingga terjadi pemborosan. Inikan salah, karena kebutuhan pangan yang kita butuhkan banyak,” kata Olly.

Olly Dondokambey juga menyebutkan, pengaruh El-Nino menyebabkan kekurangan produk pangan. Sehingga pemerintah mencanangkan stop boros pangan supaya tidak banyak mengimpor kebutuhan pangan .

“Dengan kita lakukan penghematan akan meningkatkan penghasilan dan penghematan devisa negara karena tidak impor beras, bawang putih dan lain lain,” kata Olly.

Gubernur juga mengajak mari kita jaga kedaulatan pangan di Sulut. “Dengan memanfaatkan pekarangan rumah untuk ditanami kebutuhan pangan sehingga bisa memenuhi kebutuhan sendiri,” ajak Olly.

Sebelumnya juga dilakukan pelantikan Bunda Literasi Kabupaten/Kota yang dilakukan Ketua TP PKK Provinsi Sulut Rita Tamuntuan yang juga menjabat Bunda Literasi Sulut.

Turut hadir Ketua TP PKK Provinsi Sulut Rita Dondokambey-Tamuntuan, Sekprov Sulut Steve Kepel, pejabat Pemprov Sulut dan kader PKK dari kabupaten/kota. (Rizath)